Sharing Session di UNS, Dirut KAI Minta Mahasiswa Songsong Era Indonesia Emas

AW Wibowo
Dirut PT KAI Didiek Hartantyo saat mengisi acara di UNS Solo, Selasa (20/8/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo hadir mengisi acara di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (20/8/2024). Kehadirannya mengisi acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sesi success story telling alumni UNS. 

Di hadapan ribuan mahasiswa UNS yang mengikuti kegiatan sharing session, Didiek Hartantyo menceritakan pengalamannya memimpin KAI. Sebelum memulai ceritanya, Didiek Hartantyo yang merupakan alumni UNS sempat mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan menggunakan sebuah tumbler. Didiek juga membagikan merchandise official KAI kepada 20 mahasiswa yang menggunakan tumbler bukan plastik.

Didiek memulai cerita dari pembangunan Indonesia 2045 yang mengarah kepada pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan.

Ia mengajak para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dan membekali diri dengan cukup untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, dimana generasi yang hadir saat ini pada tahun tersebut akan menjadi generasi penentu.

"Saat itulah kalian akan berada dalam posisi-posisi strategis yang akan menentukan dalam perjalanan bangsa," ujar Didiek. 

Dikatakannya, Indonesia memiliki keuntungan bonus demografi, dimana negara ini didominasi generasi muda usia produktif. Untuk itu, para mahasiswa baru diharapkan dapat memiliki ketrampilan minimal meliputi literasi dasar, kompetensi dan karakter yang baik.

Ia melanjutkan, mahasiswa harus terus menumbuhkan optimisme dalam dirinya. Sebab seseorang dengan pola pikir optimistis akan jauh lebih sukses dibanding yang berpikir pesimis. Contohnya, ia menceritakan bagaimana KAI bertahan dari terpaan pandemi Covid-19 yang meluluhlantakan banyak sektor. 

Namun karena optimisme dan pemikiran growth mindset yang terus dijaga, KAI mampu bertahan melalui transformasi dan inovasi di berbagai lini. KAI mampu bertahan melalui berbagai upaya-upaya seperti creating new experience, creating value, dan creating impact. 

Mengakhiri sharing session, Didiek memberikan tips bagi para mahasiswa untuk bisa sukses, yaitu memiliki growth mindset, disiplin dalam hal apapun, bekerja ekstra, terus belajar, melebihi ekspektasi dalam hal kebaikan, dan terus menjaga kesehatan.

Dalam kegiatan kali ini Dirut KAI Didiek Hartantyo juga memberikan merchandise official KAI bagi mahasiswa yang aktif bertanya.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network