KA Lodaya Pakai Rangkaian Stainless Steel New Generation Mulai 1 September 2024

AW Wibowo
KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung PP yang menggunakan rangkaian stainless steel new generation. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id Kereta Api (KA) Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung PP akan mendapatkan peningkatan sarana mulai 1 September 2024. Keberadaannya menggunakan rangkaian stainless steel new generation yang diterapkan pada KA eksekutif maupun ekonomi.

“Peremajaan sarana yang dilakukan merupakan bentuk optimalisasi layanan untuk menambah kenyamanan dalam bertransportasi,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, Sabtu (31/8/2024). 

Selain itu juga sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, serta terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan.

Dikatakannya, beberapa KA di wilayah Daop 6 yang juga telah mendapatkan upgrade ke stainless steel new generation di antaranya KA Argo Lawu (Solo Balapan-Gambir PP), KA Argo Dwipangga (Solo Balapan-Gambir PP), Taksaka (Yogyakarta-Gambir PP), dan Lodaya (Solo Balapan-Bandung PP). 

Keunggulan kereta stainless steel new generation, di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antarkereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu menjadi lebih senyap. 

Selain itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting selama perjalanan.

Jendela kereta stainless steel new generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan mengisi daya gawai pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Adanya tambahan fasilitas pengisian daya, membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

Keunggulan lainnya yaitu pada toilet dimana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudu. Khusus di toilet wanita, KAI menambah meja lipat yang berfungsi untuk dudukan mengganti popok bayi.

Kereta makan di rangkaian juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Kereta makan didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di kereta makan.

“KAI Daop 6 akan terus meningkatkan kenyamanan kereta api. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” tutur Krisbiyantoro. 

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network