Pusat Studi Informatika Sosial FKI UMS Canangkan Riset Unggulan

AW Wibowo
Pusat Studi Informatika Sosial FKI UMS menggelar Raker, Kamis (5/9/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Pusat Studi Informatika Sosial Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan agenda Rapat Kerja (Raker), Kamis (5/9/2024). Kegiatan mendiskusikan beberapa hal, termasuk progres laporan hibah dan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh pusat studi.

Dr Dian Purworini, S.Sos M.M dari Pusat Studi Informatika Sosial menyampaikan, selain melaporkan progres laporan hibah penelitian, tim melakukan pembaruan roadmap penelitian pusat studi.

"Kami mau updating roadmap penelitian pusat studi karena di awal sendirian kan ada roadmapnya, masih berproses. Nah setelah kami sudah punya tema yang lebih paling pas dengan kami, kemudian kami tadi tuh berusaha untuk merumuskan ulang untuk updating roadmap penelitian yang mana dari kita akan berusaha untuk mengembangkan ke beberapa tema," kata Dian Purworini. 

Tema akan berkembang sesuai dengan kelompok riset yang rencananya akan menambah dua kelompok riset baru. Untuk saat ini, pusat studi memiliki empat tema riset, yakni Artificial Intelligence for Social Good, Social Media Analytics, Information Technology for Health and Wellbeing, dan Social Big Data. 

Pusat Studi Informatika Sosial juga merencanakan untuk mempersiapkan diri dalam mengajukan Proposal Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

"Kemudian kami juga ada rencana untuk membuat jurnal yang dikelola di pusat studi itu. Kemudian biasa kita ada penyelenggaraan seminar internasional,” ujar dosen Ilmu Komunikasi UMS itu.

Selain itu juga akan dilakukan tindak lanjut kerja sama yang saat ini telah terjalin dengan universitas di luar negeri. Pusat Studi Informatika Sosial UMS juga merencanakan akan ada pelatihan baik untuk internal dan umum, termasuk kepada mahasiswa. Selain itu, juga mengajak adanya kolaborasi dengan mahasiswa, termasuk mahasiswa asing untuk melakukan riset.

“Pusat studi akan membuka untuk magang mahasiswa di pusat studi dengan kegiatan utamanya adalah riset atau penelitian,” lanjut Ketua Pusat Studi Informatika Sosial FKI UMS, Endang Wahyu Pamungkas S.Kom M.Kom., Ph.D. 

Meskipun Pusat Studi Informatika Sosial masih baru terbentuk, diharapkan bisa lebih cepat produktif sesuai dengan apa yang diharapkan, Termasuk juga dapat melakukan kontribusi dengan maksimal untuk semuanya.
 

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network