Diskusi Ilmiah UMS Bahas Bahasa Indonesia untuk Kuatkan Komunikasi Global

AW Wibowo
Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia UMS menggelar Kuliah Perdana dan Diskusi Ilmiah, Kamis, (5/9/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Kuliah Perdana dan Diskusi Ilmiah, Kamis, (5/9/2024). Seminar yang digelar di ruang seminar Pascasarjana, Lantai 5 Kampus II UMS, mengambil tema “Bahasa Indonesia sebagai Bahasa UNESCO dalam Lintas Sejarah dan Era Komunikasi Global”.

Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS, Mauly Halwat Hikmat, Ph.D., mengungkapkan, peserta kuliah perdana dan diskusi ilmiah ini terdiri atas mahasiswa prodi Bahasa Indonesia dari program sarjana, magister, dan program doktor.

“Kami ini merupakan fakultas yang besar, karena memiliki prodi dari S1, Profesi, S2, dan S3 dengan total 19 program studi. Dengan acara ini kita dapat memperdalam peran Bahasa Indonesia dan dapat mengembangkan serta menguatkan peran di komunitas global,” kata Mauly Halwat Hikmat melalui siaran pers, Jumat (6/9/2024).

Menurutnya, kuliah semacam ini memberikan kontribusi terhadap kualitas lulusan UMS. Diharapkan peserta dapat memanfaatkan acara semacam ini.

Welcoming Speech disampaikan Wakil Rektor I UMS, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum. Harun mengatakan, topik ini sengaja diangkat karena beberapa kali dibahas di Kuala Lumpur oleh perdana menteri terkait Bahasa Indonesia go international.

“Nanti kita akan diberi nutrisi baru agar bangga terhadap Bahasa Indonesia, dan akan mencari strategi terkait langkah yang akan dilakukan agar bahasa indonesia bisa di akselerasi PBB semakin cepat,” kata Harun Joko Prayitno.

Acara tersebut dipandu oleh moderator Yunus Sulistyono, M.A., Ph.D., dengan menghadirkan narasumber Esie Hanstein dari Humboldt-Universitat zu Berlin, University of Leipzig, Jerman.

Dalam kesempatan tersebut, Esie ditemani juga oleh ibu yang baru pertama kalinya menemani anaknya menyampaikan materi secara langsung. Bahkan a ibunda sempat meneteskan air mata.

“Sejak di Jerman, ingin sekali mengajak ibu dan hari ini perdana Ibu bisa mendengarkan kuliah, perdana untuk ibu dan juga menangis perdana di UMS,” katanya.

Pada awal pembahasan, Esie membahas bagaimana di negara Jerman ini bagaimana bahasa Indonesia digunakan sebagai mata kuliah di sana.

“Saya sudah menjadi dosen di universitas terkenal yang ada di Jerman, mengajarkan bahasa Indonesia selama 24 tahun,” tuturnya.

Menurutnya, mahasiswa harus belajar dengan sungguh-sungguh dan juga belajar lah penuh motivasi. Tidak ada sesuatu yang ingin berhasil secara instan, semua harus didapatkan dengan proses.

“Percayalah bahwa namanya kesempurnaan dan keberhasilan itu hanya akan dicapai jika memang kita benar-benar meniatkan diri kita untuk mencapai tujuan kita,” ucapnya.

Kemudian untuk mencapai itu, lanjutnya, tidak bisa dicapai sendiri, perlu bantuan dari berbagai pihak yang memiliki tujuan yang sama.

“Bahasa ini bukan hanya mencerminkan siapa kita, tetapi bahasa adalah tolak ukur bagaimana kita beradaptasi terhadap orang di sekitar kita dan masyarakat dunia,” pungkasnya.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network