UMS Terpilih Jadi Tuan Rumah International Student Summit 2024

AW Wibowo
UMS akan menjadi host university atau sebagai tuan rumah International Student Summit (ISS) Tahun 2024. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terpilih menjadi host university atau sebagai tuan rumah International Student Summit (ISS) Tahun 2024. Perhelatan akan digelar pada bulan Oktober 2024.

Kegiatan ini adalah ajang silaturahmi delegasi mahasiswa asing penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) yang belajar di Perguruan Tinggi Indonesia. Beasiswa KNB merupakan program beasiswa dari pemerintah Republik Indonesia melalui Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek.

Direktorat Kelembagaan melakukan koordinasi pelaksanaan ISS 2024 di Ruang Sidang Rektorat Lt 6 Gedung Induk Siti Walidah UMS untuk membahas survei sarana prasarana di UMS, dan survei akomodasi di sekitar UMS.  

Hal ini disampaikan oleh Plt. Direktur Kelembagaan DIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr Bhimo Widyo Andoko, SH., MH., yang menyampaikan agenda ini akan membahas persiapan kegiatan yang digelar di UMS.

“Kira-kira langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan. Sebelumnya perlu saya infokan program KNB mulai dari tahun 1990-an, dan Alhamdulillah banyak alumni-alumni yang mereka menjadi di negaranya masing-masing,” kata Bhimo Widyo Andoko melalui siaran pers Humas UMS, Sabtu (7/9/2024).

Menurutnya, acara tersebut merupakan sambutan dari Indonesia bagi awardee dari berbagai negara. Sehingga perlu untuk mengenalkan bagaimana adat istiadat dan nilai-nilai budaya di Indonesia. 

“Masa orientasi ini akan mengenalkan program kita lebih baik, tujuan dan capaian dari misi ini terutama dalam hal jaringan bisa tercapai. Saya percaya penyelenggaraan ISS di UMS ini dapat berjalan lancar, karena saya tau UMS sering meng-handle acara-acara besar, jadi sudah terbiasa,” tegasnya.

Hal ini disambut baik oleh Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional Prof. Supriyono, ST., MT., Ph.D. Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan gambaran ringkas terkait program dan apa saja yang akan dilakukan pada ISS 2024 nanti, oleh Singgih Eko Yudistiro, S.I.Kom., selaku sie acara.

Singgih menyampaikan bahwa tayangan atau slide yang disampaikan ini merupakan versi ringkas dari proposal dan versi terbaru. ISS 2024 nanti akan mengangkat tema “Javanese Rhapsody: Weaving Culture, Creativity, and Solidarity”.

“ISS 2024 yang diselenggarakan di UMS ini mengangkat budaya Jawa. Kita melihat UMS berakar kuat di Surakarta, yang merupakan jantungnya Jawa.  Jadi kami fokus pada budaya Jawa, tanpa menghilangkan budaya Indonesia,” kata Singgih.

Selain itu, kata tradisi dan inovasi menjadi elemen penting dalam acara ini. Elemen tradisional, kreativitas dan perkembangan zaman, panggung ekspresi budaya, dan transformasi karya baru.

“Hal yang tidak kalah penting, kita juga mengangkat ‘solidaritas’, isu dalam ISS tahun 2024 akan mengangkat isu kemanusiaan, karena kita melihat banyak awardee dari daerah konflik. Jadi  itu salah satu elemen penting,” tegasnya.

ISS tahun ini, tambahnya, harus modern, lebih inovatif terkait internasionalisasi. Acara ini akan menjadi platform penting untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia yang memukau, mulai dari seni tari yang anggun, musik gamelan yang merdu, hingga wayang kulit yang sarat makna filosofis.

Melalui berbagai lokakarya, pertunjukan seni, dan diskusi interaktif, mahasiswa asing akan diajak untuk merasakan langsung pesona budaya Jawa yang telah menginspirasi dunia.

Setelah pemaparan dilanjutkan diskusi bersama Direktorat Kelembagaan kemudian survei beberapa venue ISS 2024 seperti Lapangan Kampus II, GOR Kampus II dan Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS yang dipandu oleh Kabid Kabid Program Kelas Internasional Wijianto, M.Eng.Sc.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network