Jelang Festival Sastra 2024, Disbud Kota Jogja Gelar Lokakarya Alternate Universe

Kuntadi
Dinas Kebudayaan kota Yogyakarta menggelar Lokakarya Alternate Universe dan Fanfiction di Taman Pintar, Jumat (13/9/2024). (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Lokakarya Alternate Universe dan Fanfiction di Taman Pintar, Jumat (13/9/2024). Ini menjadi rangkaian pra Festival Sastra Yogyakarta 2024 sebagai upaya adaptif terhadap perkembangan sastra kontemporer berbasis digital yang populer di kalangan gen Z.  

“Lokakarya memiliki peran penting dalam membangkitkan semangat dan kepekaan generasi muda terhadap sastra populer. Generasi muda tidak hanya fokus pada karya sastra konvensional, namun dapat berkembang dengan karya sastra kontemporer seiring perkembangan zaman,” kata  Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti usai membuka acara. 

Kegiatan ini diharapkanmenjadi wadah bagi masyarakat yang ingin menggali wawasan terkait dunia kepenulisan dan pengetahuan terkait sastra cyber. Acara ini juga menjadi pintu pembuka bagi masyarakat untuk menciptakan karya-karya sastra, digital maupun konvensional. 

"Kegiatan ini juga untuk membuka bahwa alternate universe telah mewarnai Kesusastraan Populer Indonesia,” lanjut Yetti.

Narasumber yang dihadirkan Titania Priantika dan Filiana Nur Wahiddah, yang merupakan penulis yang menggeluti alternative universe. Keduanya menyampaikan materi terkait wawasan Alternate Universe dan kepenulisan dalam pembuatan Alternate Universe. Mereka mengangkat budaya tradisi Jawa dan mengkolaborasikannya melalui media sosial.

Lokakarya sastra cyber menjadi gebrakan baru bagi Festival Sastra Yogyakarta,  dimana transisi perubahan dari era sastra konvensional menuju ke era sastra digital telah menjadi kenyataan yang tidak bisa dipungkiri. Lokakarya sastra cyber ini menjadi cara untuk memberikan wawasan kepada masyarakat Kota Yogyakarta terkait Kesusastraan Populer Indonesia.

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network