Perry Warjiyo Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Umum ISEI Periode 2024-2027

AW Wibowo
Gubernur BI Perry Warjiyo saat memberikan keterangan pers usai terpilih sebagai Ketua Umum ISEI periode 2024-2027 melalui Kongres ISEI XXII di Kota Solo, 19-20 September 2024. Foto: AW Wibowo.

SOLO, iNewsSleman.id - Perry Warjiyo kembali terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2024-2027. Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut terpilih secara aklamasi melalui Kongres ISEI XXII di Kota Solo, 19-20 September 2024.

Merespons penetapan tersebut, Perry Warjiyo menyampaikan menerima amanah tersebut dengan baik. Sekaligus menjadi suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari ISEI, lembaga yang kredibel dan berdedikasi untuk kemajuan perekonomian nasional dan daerah. 

“Ke depan, terdapat 3 manifesto ISEI yang harus tetap dijaga dan dijalankan, yaitu mengoptimalkan peran organisasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan ilmu ekonomi bagi pembangunan, danmenyampaikan pemikiran ekonomi yang sejalan dengan falsafah Pancasila,” kata Perry Warjiyo, Jumat (20/9/2024). 

Kongres ISEI ke XXII di Kota Solo, mengangkat tema “Memperkuat Fondasi Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Kongres dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). 

Pada acara tersebut, Perry Warjiyo, menyampaikan ada 5 tantangan yang harus diantisipasi dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi untuk mencapai Indonesia Emas. Pertama, perubahan siklus ekonomi dan keuangan yang semakin cepat dan berisiko menimbulkan kerentanan. 

Kedua, pergeseran pola sumber pertumbuhan ekonomi dunia dari Eropa dan Amerika Serikat ke Tiongkok, Indonesia dan India. Ketiga, perubahan demografi yang semakin menua di negara maju (aging population) dan milenial di negara Indonesia, sehingga membawa perubahan pada sumber pertumbuhan ke sektor jasa, perdagangan eceran, dan UMKM. 

Keempat, digitalisasi yang turut berperan menahan dampak pandemi dan perlu dioptimalkan manfaat sekaligus memitigasi risikonya. Kelima, ekonomi keuangan inklusi dan hijau yang perlu direspons dengan baik.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network