Magister Keperawatan UMY Pertahankan Akreditasi Status Unggul

Kuntadi
Magister Keperawatan UMY kembali meraih akreditasi Unggul. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNewssleman.id - Program Studi Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mempertahankan akreditasi status unggul. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) LAM-PTKes dengan Nomor 0783/LAM-PTKes/Akr/Mag/X/2024, dengan nilai 381 yang berlaku sampai 2029. 

"Kami bersyukur bisa mempertahankan akreditasi unggul sejak 2019 dengan nilai yang cukup signifikan," kata Ketua Program Studi Magister Keperawatan UMY Prof Erna Rochmawati, Selasa (22/10/2024). 

Menurut dia, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan task force (gugus tugas) akreditasi, pimpinan universitas, pimpinan pascasarjana, dan semua unit atau biro terkait. Prestasi ini diraih setelah menjalani tahapan yang Panjang, mulai dari mengumpulkan dokumen pendukung dan persyaratan lainnya. 

"Ada sembilan kriteria dalam penilaian akreditasi LAM-PTKes, yaitu Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi; Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama; Kemahasiswaan; Sumber Daya Manusia (SDM); Keuangan, Sarana, dan Prasarana; Pendidikan; Penelitian; Pengabdian kepada Masyarakat; dan Luaran," ujarnya. 

Menurut Erna, faktor pendidikan atau kurikulum dan SDM Magister Keperawatan UMY memiliki peran penting sebagai penunjang capaian akreditas unggul karena sifatnya dapat diukur secara kuantitatif. Magister UMY memiliki output (keluaran) pembelajaran berupa penulisan artikel, penyusunan buku, dan publikasi jurnal yan tembus di publikasi SCOPUS. 

“Akreditasi Unggul S2 Keperawatan UMY berdampak pada diraihnya pengakuan dari Kemendikbudristek. Magister Keperawatan menjadi salah satu institusi yang masuk ke dalam list pilihan universitas atau program studi pada beasiswa yang disediakan oleh kementerian,"ujarnya. 

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network