UNS Peringkat 2 PTN Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2025

AW Wibowo
Kampus UNS Solo tampak dari depan. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih peringkat 2 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Pemeringkatan berdasarkan versi Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2025.

Dari laman resminya, THE WUR 2025 sudah mengumumkan daftar perguruan tinggi terbaik di dunia, termasuk di Indonesia. 45 Perguruan Tinggi Negeri dan swasta Indonesia masuk dalam peringkat THE WUR 2025.

Direktur Direktorat Perencanaan, Kerja Sama, Internasionalisasi, dan Reputasi UNS, Ibrahim Fatwa Wijaya, S.E., M.Sc., Ph.D. mengatakan, tahun ini THE WUR 2025 telah memeringkat lebih dari 2.000 institusi dari 115 negara dan wilayah. Terdapat 185 entri baru jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Penilaian didasarkan pada 157 juta kutipan, 18 juta publikasi penelitian, dan tanggapan survei yang melibatkan lebih dari 93.000 akademisi di seluruh dunia. Dalam pemeringkatan, UNS menduduki peringkat 2 PTN terbaik di Indonesia dan berada pada urutan 1201-1500 dunia.

"UNS masuk peringkat 2 PTN terbaik di Indonesia bersama dengan beberapa PTN lain, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Untuk peringkat pertama PTN dipegang Universitas Indonesia (UI),” kata Ibrahim, Senin (28/10/2024).

Dikatakannya, metodologi yang digunakan untuk menilai antara lain akademik atau pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, keterlibatan industri, dan pandangan internasional.

"Atas prestasi ini, kami mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh jajaran pimpinan UNS beserta para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni UNS. Semoga prestasi UNS baik di tingkat nasional maupun internasional terus meningkat," ujar Ibrahim.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network