Daop 6 Catat Tren Pulang Kampung Naik KA di Awal Ramadan

AW Wibowo
Ilustrasi – Penumpang kereta api yang naik dari Stasiun Solobalapan di Kota Solo. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat adanya tren pulang kampung di awal Ramadan. Sejak 28 Februari hingga 2 Maret 2025, terdapat 64.159 penumpang kereta api jarak jauh yang berangkat dari wilayah Daop 6. 

“Ramadan hari pertama sering kali dimanfaatkan masyarakat untuk menjalani ibadah puasa bersama keluarga di kampung halaman,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih, Minggu (2/3/2025). 

Dikatakannya, pada 28 Februari 2025 terdapat 28.681 penumpang yang naik dari Daop 6. Kemudian pada 1 Maret 2025 terdapat 16.968 penumpang, dan pada 2 Maret 2025 sebanyak 18.510 penumpang. Angka ini akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung hingga pemberangkatan KA terakhir.

Feni mengungkapkan, tren pulang kampung jelang Ramadan merupakan hal yang biasa terjadi dan bagaikan tradisi masyarakat di awal bulan Ramadan. Pada awal Ramadan kali ini, jumlah penumpang KA di Daop 6 juga cukup tinggi karena masyarakat cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman.
 
“Dengan kesiapan operasional, sarana dan prasarana, serta peningkatan fasilitas dengan penerapan berbagai inovasi dan program berkelanjutan guna meningkatkan kenyamanan perjalanan, KAI Daop 6 siap untuk mengantarkan masyarakat bepergian selama Ramadan dan Angkutan Lebaran,” ujar Feni.

Untuk memperlancar perjalanan, Feni mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas seperti pemesanan tiket secara online, e-boarding di aplikasi Access by KAI, face recognition boarding gate, agar perjalanan pelanggan semakin nyaman, praktis, dan efisien.

Ia juga mengajak para pelanggan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui penggunaan berbagai fasilitas yang disediakan KAI. Salah satunya seperti fasilitas water station yang menyediakan air minum gratis untuk meningkatkan penggunaan tumbler dan mengurangi penggunaan botol plastik serta fasilitas lain yang disediakan KAI.

Pelanggan yang ingin melakukan perjalanan selama periode Ramadan diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta berbagai mitra resmi penjualan tiket.
  
“Dengan berbagai peningkatan layanan dan komitmen terhadap keberlanjutan, KAI Daop 6 optimistis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan selama periode Ramadan,” kata Feni.

KAI Daop 6 mencatat selama 22 hari masa angkutan Lebaran mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, sebanyak 170.673 tiket KA jarak jauh telah terjual. Data tersebut diambil per hari Minggu (2/3/2025) untuk kereta api keberangkatan awal dari wilayah KAI Daop 6.

Penjualan tertinggi pada periode angkutan Lebaran 2025 hingga saat ini untuk KA keberangkatan awal KAI Daop 6 berada di masa arus balik Lebaran, yaitu di hari Jumat (4/4) yang terjual 16.341 tiket dan Minggu (6/4) yang terjual 16.117 tiket.

Saat ini, tiket pada masa arus mudik Lebaran 2025 masih cukup tersedia. Oleh karenanya diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin karena penjualan terus bergerak.

"KAI Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian pada masa Lebaran menggunakan kereta api untuk segera merencanakan perjalanan dan memesan tiket agar tidak kehabisan," ujarnya.

Selain itu, KAI Daop 6 Yogyakarta juga mengimbau masyarakat untuk membeli tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan website kai.id agar terhindar dari potensi penipuan dan memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

Penjualan tiket KA Lebaran 2025 dimulai setiap pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-45 melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan Online Travel Agent (OTA) yang bermitra resmi dengan KAI.

Feni juga menambahkan agar calon pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train yang akan memberikan rekomendasi alternatif perjalanan KA jika tiket pada KA yang diinginkan telah habis.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, masyarakat juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.
 

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network