SOLO, iNewsSleman.id - Sebanyak 205.370 tiket kereta api (KA) keberangkatan Daop 6 telah terjual selama periode angkutan Lebaran 2025. Tiket yang terjual hingga 10 Maret 2025 tersebut, mencapai 50 persen dari total kapasitas yang disediakan.
Selama periode angkutan Lebaran yang akan berlangsung 21 Maret-11 April 2025, disediakan kapasitas angkut hingga 407.884 tempat duduk KA Jarak Jauh keberangkatan awal dari Daop 6 Yogyakarta.
Terdapat 25 KA reguler dan 11 KA tambahan yang berangkat awal dari stasiun KAI Daop 6. Jumlah KA tambahan antara lain 7 KA Jarak Jauh Tambahan, 3 KA Motis Tengah yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan, dan 1 KA Wisata Java Priority.
“Hingga 10 Maret 2025 pukul 13.00 WIB, kami mencatat jumlah tiket KA Jarak Jauh keberangkatan awal KAI Daop 6 Yogyakarta yang telah terjual mencapai 205.370 tiket atau 50 persen dari total kapasitas yang telah disediakan,” kata Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih melalui keterangan tertulis, Senin (10/3/2025).
Berdasarkan tren pemesanan KA keberangkatan awal KAI Daop 6, puncak penjualan tiket KA Jarak Jauh sementara ini terjadi pada H+3 Lebaran atau Jumat, 4 April 2025. Pada tanggal tersebut, jumlah tiket yang telah terjual mencapai 17.755 tiket dalam satu hari.
"Angka tersebut berpotensi mengalami peningkatan mengingat proses pemesanan tiket masih terus berlangsung hingga saat ini," ujarnya.
Berikut okupansi dan jumlah tiket terjual per hari KA jarak jauh keberangkatan awal dari stasiun Daop 6 Yogyakarta pada masa Angkutan Lebaran 2025 mulai 21 Maret-11 April 2025:
- 21 Maret 2025 : terjual 4.735 tempat duduk atau mencapai okupansi 26%
- 22 Maret 2025 : terjual 5.962 tempat duduk atau mencapai okupansi 33%
- 23 Maret 2025 : terjual 6.241 tempat duduk atau mencapai okupansi 35%
- 24 Maret 2025 : terjual 4.240 tempat duduk atau mencapai okupansi 24%
- 25 Maret 2025 : terjual 4.180 tempat duduk atau mencapai okupansi 23%
- 26 Maret 2025 : terjual 5.448 tempat duduk atau mencapai okupansi 28%
- 27 Maret 2025 : terjual 7.576 tempat duduk atau mencapai okupansi 39%
- 28 Maret 2025 : terjual 9.144 tempat duduk atau mencapai okupansi 47%
- 29 Maret 2025 : terjual 8.286 tempat duduk atau mencapai okupansi 42%
- 30 Maret 2025 : terjual 6.221 tempat duduk atau mencapai okupansi 35%
- 31 Maret 2025 : terjual 4.992 tempat duduk atau mencapai okupansi 28%
- 01 April 2025 : terjual 8.642 tempat duduk atau mencapai okupansi 48%
- 02 April 2025 : terjual 11.685 tempat duduk atau mencapai okupansi 66%
- 03 April 2025 : terjual 16.846 tempat duduk atau mencapai okupansi 94%
- 04 April 2025 : terjual 17.755 tempat duduk atau mencapai okupansi 91%
- 05 April 2025 : terjual 17.300 tempat duduk atau mencapai okupansi 89%
- 06 April 2025 : terjual 17.249 tempat duduk atau mencapai okupansi 88%
- 07 April 2025 : terjual 16.338 tempat duduk atau mencapai okupansi 84%
- 08 April 2025 : terjual 14.478 tempat duduk atau mencapai okupansi 81%
- 09 April 2025 : terjual 9.848 tempat duduk atau mencapai okupansi 55%
- 10 April 2025 : terjual 4.433 tempat duduk atau mencapai okupansi 25%
- 11 April 2025 : terjual 3.591 tempat duduk atau mencapai okupansi 20%
"KAI Daop 6 Yogyakarta mengimbau masyarakat yang ingin bepergian pada masa liburan Lebaran menggunakan kereta api untuk segera merencanakan perjalanan dan memesan tiket agar tidak kehabisan," ujarnya.
Feni juga mengimbau pelanggan yang belum mendapatkan tiket sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan, dapat mempertimbangkan alternatif jadwal perjalanan lainnya guna meningkatkan peluang memperoleh tiket.
Masyarakat dapat memanfaatkan fitur connecting train pada aplikasi Access by KAI atau dapat juga memanfaatkan program KA Motor Gratis (Motis) yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui DJKA Kemenhub. Pembukaan pendaftaran KA Motis telah dimulai sejak 8 Maret 2025.
Penjualan tiket KA Lebaran 2025 dimulai setiap pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-45 melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan Online Travel Agent (OTA) yang bermitra resmi dengan KAI.
Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, masyarakat juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.
Editor : AW Wibowo
Artikel Terkait