KAI Daop 6 Kenalkan Fitur Flexy Poin di Aplikasi Access by KAI, Ini Manfaatnya

AW Wibowo
Ilustrasi - KAI menghadirkan inovasi terbaru berupa fitur Flexy Poin di aplikasi Access by KAI versi terbaru. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Tak henti berinovasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali memberikan kemudahan dan nilai manfaat lebih kepada para pengguna jasanya. Setelah menghadirkan ditur Female Seat Map pada aplikasi Access by KAI, kali ini KAI kembali menghadirkan layanan baru yang diharapkan dapat membantu pelanggan untuk kian praktis dan efisien dalam bepergian dengan KA. 


Untuk memberikan pengalaman pembelian tiket yang lebih praktis dan menguntungkan, KAI menghadirkan inovasi terbaru berupa fitur Flexy Poin di aplikasi Access by KAI versi terbaru. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan Railpoin yang dimiliki secara fleksibel dengan cara menggabungkannya bersama metode pembayaran lainnya saat memesan tiket kereta api.

"Kehadiran fitur Flexy Poin menjadi bentuk komitmen KAI untuk selalu memberikan kemudahan dan keuntungan lebih bagi pelanggan setia KA. Melalui fitur ini, pelanggan dapat memanfaatkan Railpoin dengan lebih fleksibel untuk membantu mendapatkan tiket kereta api dengan harga yang lebih bersahabat," ujar Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Senin (5/5/2025). 

Feni menjelaskan, sepanjang Januari hingga April 2025 aplikasi Access by KAI mencatat sebanyak 9.011.145 transaksi. Mengalami peningkatan sebesar 12% dibandingkan periode yang sama pasa tahun lalu yakni dengan 8.065.449 transaksi.

“Sementara itu, untuk tiket yang sudah terjual melalui Access by KAI sebanyak 13.408.384 pada periode Januari – April 2025, jumlah tersebut meningkat 14% dari tahun 2024 yang mencatatkan penjualan 11.810.950 tiket pada periode yang sama,” jelasnya.

Untuk saat ini, fitur Flexy Poin baru tersedia pada aplikasi Access by KAI versi 6.12 (terbaru) dan hanya dapat diakses melalui platform Android. Bagi para pengguna Android, KAI mengimbau untuk segera memperbarui aplikasi Access by KAI mereka ke versi terbaru untuk menikmati kemudahan fitur ini.

"Sedangkan untuk para pengguna iOS/Apple, saat ini tim KAI sedang melakukan progres untuk pembaruan aplikasi Access by KAI di platform iOS agar fitur Flexy Poin dapat segera digunakan oleh seluruh pelanggan," tambahnya.

Berikut syarat dan ketentuan untuk dapat menukarkan Railpoin dengan tiket melalui fitur Flexy Poin:

- Menu pembayaran Railpoin akan muncul jika Railpoin yang dimiliki pelanggan minimal 200 Railpoin.
- Dalam pemesanan lebih dari satu tiket dengan kode booking yang sama, Railpoin akan otomatis digunakan untuk membayar tiket pertama terlebih dahulu. Jika Railpoin masih mencukupi, akan digunakan untuk tiket kedua, dan seterusnya. Jika Railpoin tidak mencukupi, sisa pembayaran tiket akan menggunakan metode Flexy Poin dan metode pembayaran lainnya.
- Railpoin tidak dapat digunakan untuk pembelian tiket dengan tarif reduksi, tiket KA Perkotaan/Lokal Komersial, tiket KA PSO antar kota dan perkotaan, tiket KA Perintis, tiket dengan tarif promo atau potongan harga, serta tiket KA kelas layanan Compartment, Luxury, Imperial, Panoramic, Priority, dan/atau KA branding lainnya.
- Pembatalan tiket yang dibeli dengan Railpoin (Full Poin atau Flexy Poin) akan menyebabkan Railpoin yang digunakan hangus. Pengembalian bea hanya berlaku untuk skema Flexy Poin, yaitu sebesar 75% dari nominal tiket yang dibayarkan di luar Railpoin.
- Perubahan jadwal tiket yang dibeli dengan Railpoin pada skema Full Poin tidak dapat dilakukan.
- Perubahan jadwal tiket yang dibeli dengan Railpoin pada skema Flexy Poin dapat dilakukan dengan ketentuan Railpoin yang digunakan akan hangus, dikenakan potongan 25% dari nominal tiket yang dibayarkan di luar Railpoin, serta pelanggan wajib membayar selisih bea jika terdapat perbedaan harga dengan jadwal baru. Jika tarif lama lebih tinggi dari tarif baru, selisih bea tidak akan dikembalikan.

Kehadiran fitur Flexy Poin ini memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para pelanggan untuk menikmati perjalanan kereta api dengan metode pembayaran yang lebih fleksibel dan hemat. Pelanggan kini dapat memanfaatkan Railpoin yang dimiliki meskipun jumlahnya tidak mencukupi untuk membayar seluruh harga tiket.

Bagi pelanggan yang belum memiliki Railpoin, berikut adalah syarat dan ketentuan untuk mendapatkannya:

- Akun Access pelanggan harus sudah terdaftar sebagai Member Basic atau Member Premium.
- Railpoin didapatkan dari pembelian tiket KA Komersial Jarak Jauh antar kota melalui channel pembelian tiket resmi KAI.
- Setiap kelipatan transaksi sebesar Rp50.000 (pembulatan ke bawah) akan mendapatkan 10 Railpoin.
- Railpoin akan diperoleh maksimal 1x24 jam setelah penumpang menyelesaikan perjalanan dan memiliki masa berlaku 365 hari sejak tanggal perolehan.
- Pembelian tiket dengan tarif promo, reduksi, dan menggunakan Railpoin tidak akan mendapatkan Railpoin.

Aplikasi Access by KAI pertama kali diluncurkan pada Tahun 2014 dengan nama KAI Access, kemudian sejak 7 Juli 2023 namanya diubah menjadi Access by KAI. Selama 11 tahun, aplikasi Access by KAI sudah diunduh sebanyak 29.367.827 kali, sedangkan yang sudah melakukan register sebanyak 23.182.739 pengguna.

"KAI mengimbau para pelanggan tidak lewatkan kesempatan untuk segera menukarkan Railpoin yang dimiliki dengan tiket kereta api melalui fitur Flexy Poin di aplikasi Access by KAI. Semakin sering bepergian dengan kereta api, semakin banyak Railpoin yang dikumpulkan, dan perjalanan pun akan semakin hemat," tutup Feni.
 

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network