get app
inews
Aa Read Next : Konser Sakeca Ansambel Memukau Penonton, Bawa Misi Pererat Hubungan Orang Tua dan Anak

Solo Menuju Kota Metropolitan, Kadin Dorong Terwujudnya Aglomerasi Soloraya

Kamis, 20 Juni 2024 | 16:19 WIB
header img
Ketua Kadin Surakarta Ferry S Indrianto saat memberikan keterangan pers. Foto: Ist.

“Tujuan akhir (aglomerasi) terletak pada tersedianya lapangan pekerjaan dan pertumbuhan secara inklusif di suatu wilayah. Jadi sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya bersama akademisi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tengah melakukan kajian mengenai dampak aglomerasi terhadap pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan, pengembangan wilayah dan pariwasata.

“Nanti akan kami sajikan dan kira-kira akhir bulan ini bisa selesai. Jadi bukan sekedar apa yang kami katakan. Tetapi data yang berbicara,” tuturnya.

Daerah-daerah di Soloraya diharapkan memiliki kesepahaman yang sama tentang potensi wilayah dan potensi aglomerasi. Dicontohkannya, ada investasi yang akan masuk namun batal karena mengetahui daerah yang dituju ternyata bukan Solo tetapi Sukoharjo.

Kota Solo memiliki secara investasi lebih bernilai dibanding daerah lain di sekitarnya. Hanya saja, Solo kini sudah nyaris kehabisan lahan untuk pengembangan investasi. Angka pertumbuhan ekonomi di Solo tertinggi di Soloraya dan bahkan di Indonesia.

Berbicara mengenai aglomerasi, lanjutnya, pintunya ada dua yakni pariwisata dan investasi. Jika pertumbuhan ingin cepat, maka investasi harus diperkuat. Kota Solo sudah siap menjadi koordinator aglomerasi. Pada sisi lain, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah memberikan pernyataan bahwa Kota Solo kini tengah mengarah menuju kota metropolitan.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut