get app
inews
Aa Read Next : 3 Warga Ngemplak Sleman Terima Bantuan JPS Kursi Roda

Bupati Sleman Kustini Kukuhkan 6 Kalurahan Berkarakter Pancasila

Rabu, 17 Juli 2024 | 09:40 WIB
header img
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan SK kepada salah satu kalurahan berkarakter Pancasila. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewsslemani.id - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan enam kalurahan berkarakter Pancasila. Pengukuhan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk melakukan pendidikan karakter masyarakat yang berjiwa Pancasila.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Indra Darmawan menyebutkan, enam kalurahan yang dikukuhkan tersebut yakni Kalurahan Wukirharjo Kapanewon Prambanan, Kalurahan Mardikorejo Kapanewon Tempel, Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan, Kalurahan Sukoharjo Kapanewon Ngaglik, Kalurahan Sendangadi Kapanewon Mlati, dan Kalurahan Nogotirto Kapanewon Gamping.

"Setiap kaluahan terdiri atas 35 orang yang meliputi lurah, pamong kalurahan, Badan Permusyawaratan Kalurahan, Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda,"kata ia pada pengukuhan, Selasa (16/7/2024).  

Bupati Sleman Kustini menyambut baik pengukuhan enam Kalurahan Berkarakter Pancasila tersebut.Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk melakukan pendidikan karakter masyarakat yang berjiwa Pancasila.

"Pendidikan karakter di kalurahan berkarakter Pancasila memiliki manfaat yang besar dalam membangun generasi penerus saling menghormati, menghargai perbedaan, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan baik dalam berbangsa maupun dalam bernegara," ucapnya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesbangpol telah menetapkan 29 Kalurahan Berkarakter Pancasila, termasuk dengan enam kalurahan yang dikukuhkan pada hari ini. Sedangkan yang masih kategori rintisan sebanyak 19 kalurahan. Dijelaskan setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Sleman mentarget sebanyak 6 kalurahan untuk ditetapkan sebagai Kalurahan Berkarakter Pancasila.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut