get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Jawa Tengah, Ratusan Pemuda Magelang Siap Menangkan Pasangan Achmad Luthfie-Taj Yasin

Konsisten Rehabilitasi DAS Menoreh-Borobudur, ITM Kembangkan Aplikasi SiTanam

Kamis, 19 September 2024 | 17:45 WIB
header img
Presdir ITM Mulianto mendampingi Dirjen Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan KLHK Dyah Murtiningsih saat menebar ikan dalam Festival Collavoratif for Sustainability di kawasan DAS Menoreh, Ngadirejo, Salaman, Magelang, Kamis (19/9/2024). (Foto: kuntadi)

 
Dalam Festival ini juga ditampilkan live demo aplikasi geotagging SiTanam yang dikembangkan Perusahaan untuk memudahkan pemantauan pertumbuhan setiap pohon (tree by tree) di area hutan rehabilitasi. Setiap pohon akan dipantai dengan aplikasi berbasis internet. 
 
“Sebagai petani lokal kami dilibatkan dalam kegiatan rehabilitasi DAS. Selain memulihkan lingkungan ini juga memberikan manfaat ekonomi,” kata anggota KTH Wonoardi binaan ITM, Ngudi Raharjo. 

Selama kegiatan, petani dilibatkan dalam pelatihan budidaya tanaman agroforestri dengan bibit sambungan atau okulasi, pelatihan penanganan pascapanen, Bimtek pengelolaan agrowisata tanaman buah, pelatihan peningkatan mutu hasil panen, hingga penguatan kelembagaan KTH.  Beberapa tanaman ini mulai dari tanaman durian, kelengkeng, alpukat, hingga gayam dan aren. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut