Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, perbaikan layanan tidak hanya pada sisi lokomotif, gerbong dan layanan kepada penumpang. Namun juga pada aspek sarana prasarana pendukung. Salah satunya penggunaan bantalan sintetis untuk menggantikan bantalan kayu.
Bantalan sintetis ini lebih kuat dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Tahun ini mereka telah mengganti 2.601 bantalan kayu di jalan dengan bantalan sintetis. Di Wilayah Daop 6 sudah terpasangn bantalan sintetis di 48 jembatan (BH).
“KAI Daop 6 turut berupaya mewujudkan pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan efisiensi perawatan infrastruktur,” kata Krisbiyantoro.
Petugas PT KAI memberikan pendampingan kepada penyandang disabilitas yang turun di stasiun. (foto: istimewa)
Menurut dia, bantalan sintetis telah melewati serangkaian pengujian untuk memastikan bahwa bantalan tersebut memenuhi standard teknis yang ditetapkan. Pengujian mencakup kekuatan lentur dan modulus young, Uji ketahanan beban lentur, uji ketahanan tekan longitudinal, Uji kuat geser, Uji Kuat Lekat maupun Uji tegangan tembus arus bolak balik serta Uji resistensi isolasi arus searah.
Selain itu juga telah lulus Uji kekuatan cabut screw spike, pengukuran dimensi, Uji ketahanan api, Uji Ketahanan fatik dan Uji ketahanan terhadap cuaca.
“KAI pastikan setiap inovasi yang dilakukan membawa dampak positif, baik untuk penumpang maupun lingkungan,” katanya.
Editor : Wisnu Aji