UIN Sunan Kalijaga Kukuhkan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Sebagai Guru Besar

Ammar Mahir Hilmi
Pengukuhan Prof. Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A. sebagai Guru Besar bidang Sosiologi Agama. (Foto: Ammar Mahir Hilmi)

SLEMAN, iNewsSleman.id - Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A. resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Sosiologi Agama (Kamis, 2/2/2023). Pengukuhan sebagai guru besar didasarkan pada SK Kementerian Agama RI nomor 024989/B.II/3/2022 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen.

Sidang senat terbuka pengukuhan guru besar dipimpin oleh Ketua Senat Universitas, Prof. Siswanto Masruri. Turut hadir memberikan sambutan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A.

Bertempat di Gedung Prof. R.H.A. Soenarjo, SH (Convention Hall) Lantai 1 UIN Sunan Kalijaga, pidato pengukuhan Prof. Inayah mengangkat tema 'Trans-Queers Sebagai Basis Epistem Pemahaman dan Praktik Keagamaan Inklusif Berkeadilan (Belajar dari Studi Gender Kontemporer).'

Pada orasi ilmiahnya, Prof. Inayah yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam periode 2020-2024 ini menyoroti pemahaman konsep queer sebagai basis nalar sekaligus epistem dari kajian gender dan praktik berkeadilan. Menurutnya, keseragaman akan merusak kekuatan kritis ilmu dan membahayakan perkembangan bebas individu.

Dengan demikian, merujuk pada naskah pidato pengukuhan Prof. Inayah, pengembangan kajian gender dan seksualitas sangat diperlukan. Kajian ini dimaksudkan untuk mengungkap dominasi dan persekusi terhadap pengetahuan dan suara kelompok-kelompok yang terpinggirkan, termasuk diantaranya adalah kelompok perempuan. 

Editor : Ammar Mahir Hilmi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network