Jadi Pembicara di Panggung Teatrikal Mahasiswa Islam, Sabrang MDP Tekankan Situational Question

Ammar Mahir Hilmi
Vokalis Neo Letto, Sabrang MDP (kanan) pada Acara Perayaan Milad ke-76 Tahun Himpunan Mahasiswa Islam

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Di hadapan para mahasiswa, Vokalis Group Band Neo Letto, Sabrang MDP, pada acara Panggung Teatrikal dan Malam Refleksi 76 Tahun berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menyampaikan pentingnya kesadaran dan kecerdasan dalam membaca situasi (situational question) sebagai fondasi bagi seseorang agar mampu menjadi pribadi yang mampu memegang prinsip hidup.

"Nomor satu yang harus dimiliki seorang manusia adalah yang disebut situational questions. Sadar situasi, karena itu fondasi manusia. Kalau tidak punya kesadaran, manusia akan gampang termakan oleh pihak lain," ujar Sabrang, Sabtu malam (4/2/2023).

Acara Panggung Teatrikal ini diselenggarakan oleh HMI Cabang Yogyakarta dan bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Lafran Pane, Jl. Sidikan No. 71, Umbulharjo, Kota Yogyakarta (Sabtu, 4/2/2023). Pada acara ini diumumkan pula para pemenang lomba cipta Puisi Sajak dan diberi kesempatan untuk membacakan karya mereka di hadapan para hadirin.

Berangkat dari tema malam refleksi yaitu 'Romantisme, Perjuangan, dan Masa Kini', lebih lanjut Sabrang menambahkan, kecerdasan membaca situasi memang merpakan hal yang sederhana, namun dampaknya sangat luar biasa dalam kehidupan. Melalui kecerdasan membaca situasi inilah kita dapat mengenali jati diri sehingga mampu mengetahui peta jalan dan menyusun visi hidup kedepannya.

"Membaca situasi politik sampai baca perkembangan zaman, baca psikologi, baca segala macamnya itu berawal dari situational questions. Itu hal yang sederhana tapi memiliki impact yang luar biasa," lanjutnya.

Di akhir sesi, ia berpesan kepada para mahasiswa yang hadir agar memiliki kemampuan untuk menyamakan persepsi masing-masing demi tercapainya tujuan bersama dalam berhimpun.

"Semua setuju berkumpul dalam satu bendera, satu payung pasti punya tujuan. Kalau tujuannya mencari laba itu yang disebut perusahaan, kalau tujuan utamanya menjaga nilai itu yang disebut ormas, kalau tujuannya ideologi itu yang disebut partai. HMI ada dimana? Ini yang harus teman-teman cari dan kenali," ucapnya di hadapan para audiens.

Editor : Ammar Mahir Hilmi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network