Hari Jadi DPRD Kulonprogo ke-71, Anggota Dewan Anjangsana ke Tokoh Masyarakat

kuntadi
Anggota DPRD Kulonprogo ziarah ke makam Almarhum Anwar Hamid dalam rangkaian Hari Jadi DPRD Kulonprogo ke-71. (Foto: Kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - DPRD Kulonprogo melaksanakan anjangsana dan ziarah ke makam para tokoh yang berjasa di Kulonprogo, Kamis (4/1/2024). Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi DPRD Kulonprogo ke-71. 

Kegiatan ini dibagi menjadi lima tim, seperti mengunjungi Penjaga Air Pekik Jamal, Nuryanto, Kyai di Ponpes Pesawat, KH Suadi, relawan tanpa nama, Suharno Bedoyo, tokoh pengelola air, H Anwar di Dayakan, penjaga Embung Krapyak, Yulianus Tego, Relawan Jajaran Progo Menoreh, Kuswadi dan tokoh pendidikan Dr Joyo Sumpono yang merupakan Rektor IKIP PGRI Wates.

Silaturahmi juga digelar ke pengelola Panti Asuhan Ash Shiddiqiyyah, Winarti, penjaga air Kanjangan, Andri Wijaya, pengelola Ponpes Ibnu Fattah, Ustadz Abdul Fatah dan pengelola air di Nanggulan, Legimin. Para wakil rkayat juga berziarah ke makam mantan pemimpin Kulon Progo yakni Sumaryo, Sudarto, Harowi Muhyati, Muh Anwar Hamid dan Toyo Santoso Dipo.

"Kami melakukan anjangsana kepada para tokoh-tokoh yang berjasa untuk Kulonorogo. termasuk ziarah ke makam mantan pemimpin. Harapannya, teman-teman agar menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD dengan maksimal," kata Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati.

Menurutnya, peringatan hari jadi merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. DPRD Kulonprogo juga menggelar lomba antar karang taruna untuk membuat visual profil lembaga kalurahan masing-masing. 

"Ini menjadi bentuk dukungan terhadap arah pembangunan di Kulonprogo," katanya. 

Ketua Tim II, Priyo Santoso mengatakan, dalam anjangsana ini dia mengunjungi H Anwar yang merupakan tokoh pengairan di Kulonprogo. Anwar banyak berkiprah dalam penataan sistem irigasi, untuk mmebantu petani.

Selanjutnya menemui Relawan Tanpa Nama di wilayah Galur. Mereka secaraa mandiri dan swadaya bergerak melakukan kegiatan sosial di masyarakat tanpa imbalan. Mulai dari membersihkan sungai, menambal jalan, menolong orang kecelakaan dan kegiatan sosial.

"Saya rasa mereka perlu diapresiasi, karena dalam era saat ini masih banyak orang yang rela menolong tanpa mengharap imbalan," katanya. 

Terakhir rombongan ziara ke Makam mantan Wakil Bupati Anwar Hamid, di Tirtorahayu Kulonprogo.

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network