Fakultas Peternakan UGM-Juleha Latih Juru Sembelih Hewan Kurban

Kuntadi
Peserta pelatihan mempraktikkan cara penyebelihan hewan kurban yang syar'i/ (foto: istimewa)

SLEMAN,iNewssleman.id - Fakultas Peternakan UGM bekerja sama dengan Juru Sembelih Halal (Juleha) menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban, Minggu (26/5/2024). Kegiatan ini diikuti 31 peserta dari berbagai masjid dan takmir yang ada di DIY.

Ketua Pelatihan Juleha Fakultas Peternakan UGM, Cuk Tri Noviandi mengatakan, pelatihan ini untuk menyiapkan para juru sembelih halal sesuai dengan 10 kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan SKKNI No 147 tahun 2022. Sebab saat ini masih banyak dijumpai kasus penyembelihan hewan kurban yang belum memenuhi syarat yang ditentukan.

“Masih ada jagal penyembelihan hewan kurban baik di masjid maupun tempat lain yang tidak sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan, baik dari sisi tuntunan syari, higiene-sanitasi maupun kesejahteraan hewan,” katanya.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam 4 batch, yakni 19 Mei, 26 Mei, 1 Juni dan 9 Juni. Pada batch pertama diikuti sebanyak 40 peserta dan 31 peserta pada batch kedua. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, seperti takmir masjid, jagal, pemilik RPA, dosen serta mahasiswa.

“Dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan ilmu terkait 10 kompetensi Juleha, praktik persiapan alat (asah bilah) dan latihan penyembelihan,” kata Cuk yang juga ketua Juleha DIY ini.

Selama pelatihan, para peserta cukup antusias mengikuti, apalagi pada sesi praktik penyembelihan. Selama mengikuti pelatihan, peserta mendapat fasilitas pisau sembelih standar SKKNI, sarung pisau dari kulit, sharpening steel (honing), gloves anti sayat, kaos, seminar kits, dan sertifikat pelatihan.

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network