Tambah Guru Besar Bidang Ilmu Komunikasi, UMY Miliki 46 Orang

Kuntadi
Rektor UMY Gunawan Budiyanto menyerahkan SK guru besar kepada Adhianti Nurjannah. (foto: istimewa)

BANTUL, iNewssleman.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kembali menambah guru besar untuk meningkatkan mutu Pendidikan. Kali ini Dr Adhianty Nurjanah dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat dan Pemerintah. 

Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) nomor 49602/N/07/2024 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen, serta didukung oleh Surat PLT Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V No. 1181/LL5/INT/DT.04.01/2023 tertanggal 4 Desember 2023. SK ini menetapkan Dr Adhianty Nurjanah sebagai professor pada bidang tersebut terhitung mulai 1 Maret 2024.

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto menyatakan, pencapaian ini bukan hanya sekadar penambahan jumlah Guru Besar. Namun merupakan upaya bersama dalam memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap UMY. Melihat perkembangan teknologi dan komunikasi digital yang pesat memerlukan peran strategis dari akademisi untuk mengintegrasikan nilai-nilai lokal dalam strategi komunikasi global.

"Penambahan Guru Besar ini adalah bukti nyata akuntabilitas kita kepada masyarakat dan komitmen untuk terus berkembang di bidang Ilmu Komunikasi," ungkap Gunawan usai penyerahan SK Guru Besar di Lobi Rektor UMY Gedung Ar Fachruddin A, Rabu (19/6/2024). 

Kepala LLDIKTI Wilayah V, Setyabudi Indarto mengatakan, ilmuwan muslim sangat berperan dalam menghadapi perubahan di dunia ilmu komunikasi. Ia menekankan bahwa ilmuwan muslim memiliki tanggung jawab untuk memberikan perspektif baru dalam ilmu sosial yang seringkali didominasi oleh teori-teori barat.

"Banyak teori komunikasi saat ini yang sudah tidak relevan lagi. Kita harus berperan aktif mengkritik dan memberikan solusi terhadap perubahan ini," ujarnya. 

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network