Kenduren UMKM Soloraya 2024 Jadi Wadah Generasi Muda Berkarya

AW Wibowo
Pembukaan Kenduren UMKM Soloraya 2024 yang digelar BI Solo di Solo Paragon Mal, Sabtu (27/7/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tampil dalam acara Kenduren UMKM Soloraya Tahun 2024 (Berkembang dan Berinovasi Menjadi UMKM Keren). Perhelatan yang digelar di Solo Paragon Mal, dibuka oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, Sabtu (27/7/2024).

“Pelaksaan Kenduren UMKM Tahun 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda berkarya dan berkontribusi dalam menstabilkan ekonomi,” kata Destry Damayanti.

Dikatakannya, dominasi generasi muda yang mencapai lebih dari 55 persen total penduduk, menjadi peluang dalam penguatan kualitas produk dan layanan berbasis teknologi. Selain itu juga perluasan pasar menuju go digital dan go ekspor, dan meningkatkan kesempatan mendapatkan permodalan karena secara sistem pembayaran telah terdigitalisasi.

Destry Damayanti juga menyampaikan tiga strategi bagi UMKM agar dapat bertahan dan berdaya saing, yaitu melalui KIS (konsisten, inovasi dan sinergi). Konsistensi dan komitmen dalam standarisasi kualitas produk, inovasi yang memasukkan unsur kreativitas yang menjadi kekuatan generasi muda, dan sinergi dengan mitra bisnis, perbankan dan lembaga terkait.

“Melihat potensi para generasi muda, Bank Indonesia tetap akan mendukung pengembangan potensi UMKM muda yang telah terbukti memiliki kreativitas dan inovasi melalui implementasi strategi KIS,” ucapnya.

Wali Kota Solo, Teguh Prakosa berharap Kenduren UMKM Soloraya dapat menjadi ruang terbuka bagi generasi muda untuk berekspresi dan berkarya. Pihaknya selalu mendukung generasi muda untuk terus produktif melalui pengembangan di berbagai sektor, seperti pembangunan infrastruktur Solo Techno Park sebagai ruang berinovasi dan berkolaborasi serta melalui program dan pembinaan untuk generasi muda.

“Kami juga apresiasi atas kolaborasi dan sinergi baik antara Pemerintah Daerah, Bank Indonesia (BI), mitra terkait dalam mendukung penguatan UMKM di Soloraya. Hal ini menjadi penting mengingat UMKM terbukti memiliki daya tahan yang tinggi menghadapi berbagai tantangan. Selain itu juga memiliki peran strategis dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi pascapandemi,” kata Teguh Prakosa.

Editor : AW Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network