Wisuda 898 Mahasiswa, Rektor UIN Suka Yogyakarta Ajak Wisudawan Taat Norma Hukum

Kuntadi
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali mewisuda 899 wisudawan dari jenjang sarjana, magister dan doktor. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta mewisuda 899 mahasiswa dari jenjang sarjana, magister dan doktor periode IV tahun akademik 2023/2024 pada Selasa (6/8/2024) dan Rabu (7/8/2024). Rektor berpesan kepada wisudawan agar menjadi pemimpin yang taat pada norma dan hukum. 

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Al Makin mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan orang tua/wali serta memperkenalkan satu per satu anggota senat yang hadir tanpa penyebutan gelar. Menurut Al Makin, para akademisi tidak akan keberatan dengan penanggalan gelar tersebut dalam kehidupan sehari-hari, karena lebih penting dari itu adalah menjadi manusia yang baik.

“Mari sejenak kita menjauh dari gadget guna merasakan kemewahan hidup. Refleksi diri mengenai kebahagiaan yang dirasakan hari ini sangat penting,” kata Al Makin. 

Al Makin mengajak wisudawan untuk terus membaca buku. Banyak buku yang berisi ilmu pengetahuan dan ajaran kebaikan maupun hikmah, seperti buku karya Aristoteles. Wisudawan diminta untuk tidak hanya melihat dari Tiktok, Instagram, atau Youtube yang penuh dengan informasi, berita dan update, bukan ilmu pengetahuan.   

“Seseorang yang mampu mengendalikan diri akan mampu mengatasi emosi, kemarahan, kesedihan, dan godaan kemewahan,” katanya. 

Guru Besar Bidang Filsafat ini mengatakan seseorang yang kontrol dirinya lepas akan berbuat zigzag, bermanuver, dan merusak etika, moral, norma, dan hukum.  

“Label Sarjana UIN Sunan Kalijaga akan melekat sepanjang hayat. Untuk itu, sudah sepatutnya menjadi sarjana yang baik yang mampu memimpin dan taat pada norma dan hukum,” ujarnya. 
 

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network