Sri Sultan HB X Berharap Gerakan Pramuka Bisa Lahirkan Generasi Pancasila

Kuntadi
Gubernur DIY Sri sultan HB X menyerahkan bibit kelapa pada peringatan Hari Pramuka ke-63 di Alun-alun Wates, Rabu (15/8/2024). (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Nilai-nilai pramuka perlu ditanamkan pada diri seorang pramuka sebagai panduan dalam berperilaku dan bertindak. Melalui gerakan pramuka diharapkan mampu melahirkan generasi yang memahami nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

“Kami berharap melalui gerakan pramuka, lahir generasi yang tidak hanya memahami nilai-nilai Pancasila, tetapi juga mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menjadi inspektur upacara pada Apel Besar memperingati Hari Pramuka ke-63, di Alun-alun Wates, Rabu (18/8/2024). 

Sultan yang juga Ketua Mabida DIY berharap generasi muda saat ini tidak hanya berproses atau belajar hanya terbatas dari teknologi internet saja. Namun juga melakukan aktivitas sosial untuk mendalami proses-proses yang terjadi di lingkungan guna pertumbuhan karakter seseorang.

“Pramuka itu bisa mengisi di sisi-sisi tantangan anak muda seperti itu, sehingga generasinya itu bisa lebih punya kualifikasi sesuai tantangan zamannya,” ucap Sultan. 
 
Ketua Kwarda DIY GKR Mangkubumi berharap gerakan pramuka dapat semakin baik dan lebih maju lagi dengan melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Peringatan ini harus menjadi penyemangat untuk lebih memajukan Pramuka dan menjadikan pramuka bisa lebih disenangi oleh generasi Z. 

“Mudah-mudahan hari jadi ke-63 ini kita lebih semangat, lebih solid dan juga kita harapkan bisa lebih baik dan kita menanti karya-karya dari adik-adik utamanya dari gugus depan untuk bisa lebih bangkit lagi” kata Mangkubumi. 

Dalam apel besar ini juga dilaksanakan penyematan lencana penghargaan sebagai tanda penghargaan gerakan pramuka, yang terdiri dari 16 Lencana⁠Melati, 10 Lencana Darma Bakti, 1 Lencana Pancawarsa Utama, 1 Lencana Karya Bakti, dan 4 Lencana Teladan, kepada 32 penerima .

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network