4.800 Mahasiswa Baru UMY Donasi Rp19,88 Juta untuk Rakyat Palestina

Kuntadi
Mahasiswa baru UMY melakukan donasi untuk rakyat Palestina dalam rangkaian Mataf 2024. (foto: istimewa)

BANTUL, iNewssleman.id - Aksi kemanusiaan peduli Palestina kembali dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di halaman Sportorium UMY, Selasa (17/9/2024). Sebanyak 4.800 mahasiswa baru UMY memberikan donasi lebih dari Rp19,88 juta. 

Aksi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pra-mataf (Masa Ta’aruf) mahasiswa baru UMY 2024. tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan solidaritas mahasiswa terhadap Palestina.

Rektor UMY,  Gunawan Budiyanto mengatakan, aksi bela Palestina sudah puluhan kali dilaksanakan. Ini merupakan komitmen UMY dalam mendukung bangsa Palestina. Sebelunya dua kali wisuda digelar sampai viral untuk menyampaikan pesan terhadap perlindungan hak-hak asasi manusia (HAM). 
 
“Dukungan terhadap Palestina menjadi komitmen berkelanjutan dari akan terus dilakukan,” kata rektor. 

Menurutnya, Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Untuk itulah ada harapan besar dari rakyat Palestina bagi Indonesia untuk berperan dalam pembebasan Al-Aqsha.

Presiden Mahasiswa UMY, Siti Mauliani melihat perlunya keterlibatan mahasiswa untuk membangun solidaritas dalam membela Palestina. Mahasiswa memiliki kesempatan mengkuti  pendidikan. 

“Semuanya harus berdiri bersama membela Palestina dan menghidupkan nilai-nilai kemanusiaan serta keadilan," kata dia. 

Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UMY, Arba Riksawan Qomaru mengatakan, sejak konflik pecah pada 7 Oktober 2023, lebih dari 40.405 warga Palestina tewas dan sekitar 93.468 lainnya terluka. Angka tersebut menunjukkan kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina dan melanggar Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) yang disahkan oleh Majelis Umum PBB pada 1948.

“Kami mengutuk keras segala bentuk kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Seluruh elemen masyarakat harus memberikan perhatian terhadap konflik Israel-Palestina, serta terus memberikan doa, dukungan, dan bantuan dalam bentuk apapun,” katanya.

Arba juga mendesak bangsa Indonesia untuk memperkuat diplomasi dengan negara lain guna mewujudkan kemerdekaan Palestina. Tidak kalah penting melakukan boikot produk yang terafiliasi dengan Israel dan mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

Dari donasi ini terkumpul Rp19.889.600 rupiah. Jumlah ini masih akan bertambah karena dilaksanakan selama sepekan selama pelaksanaan Mataf UMY. 

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network