Resmi Dilantik, ICMI Surakarta Siap Beri Kontribusi untuk Indonesia dan Umat Islam

AW Wibowo
Pelantikan Pengurus ICMI Surakarta di Ballroom Indraprastha lantai 2, UNS Inn, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Minggu (6/10/2024). Foto: Ary Wahyu Wibowo.

SOLO, iNewsSleman.id – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Surakarta segera tancap gas bekerja setelah resmi dilantik. Sejumlah bidang menjadi fokus pengembangan guna memberikan kontribusi bagi Indonesia dan umat Islam.

“Ada beberapa hal yang kami pikirkan untuk berperan bagi ICMI Surakarta, khususnya bagi umat Islam dan Bangsa Indonesia,” kata Ketua Majelis Pengurus Organisasi Daerah ICMI Surakarta, Prof. Irwan Trinugroho, SE, M.Sc, PhD saat memberikan sambutan usai pelantikan di Ballroom Indraprastha lantai 2, UNS Inn, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Minggu (6/10/2024).

Dikatakannya, saat ini Bangsa Indonesia memiliki tantangan yang luar dan ada beberapa isu yang menjadi perhatian ICMI Surakarta. Pertama adalah perubahan iklim dan konsekuensinya, termasuk bencana alam dan lainnya.

Kedua adalah peningkatan tekanan geopolitik global, baik invasi Rusia ke Ukraina dan konflik di Timur Tengah. Ketiga masifnya perkembangan teknologi yang dipercepat dengan pandemi Covid-19, penetrasi internet dan smartphone yang menyebabkan perubahan banyak hal dalam struktur peradaban.

“Berikutnya perubahan struktur demografi dan tantangan terkait kemandirian ekonomi bangsa. Kemudian ICMI Surakarta mau dibawa ke mana ke depan, apa yang bisa dikontribusikan,” ucapnya.

Setelah berdiskusi dengan pengurus, lanjut Irwan, pihaknya membentuk empat bidang, yakni bidang Pendidikan; kebudayaan dan penguatan karakter bangsa; kerja sama, komunikasi dan transformasi digital; dan berikutnya Iptek dan Imtaq.

“Untuk bidang pendidikan, saat ini kalau kita cermati, dunia Islam di landscape pendidikan cenderung di bawah berbagai negara maju,” ucapnya.

Editor : AW Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network