YOGYAKARTA, iNewSleman.id – KAI Daop 6 Yogyakarta berupaya mewujudkan layanan perjalanan kereta api (KA) yang ramah disabilitas. Komitmen di antaranya melalui penyediaan fasilitas dan layanan transportasi publik yang inklusif, aman, dan nyaman.
Daop 6 Yogyakarta memastikan penyandang disabilitas mendapat kenyamanan dan kemudahan aksesibilitas selama perjalanan menggunakan kereta api. Caranya dengan menyediakan berbagai fasilitas inklusif.
“Fasilitas khusus ini sebagai wujud kepedulian KAI terhadap masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang sedang menggunakan layanan transportasi kereta api,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, Kamis (10/10/2024).
Fasilitas yang dapat dimanfaatkan pelanggan disabilitas, di antaranya loket khusus, toilet ramah difabel, kursi roda, stasiun dengan guiding block, kursi ruang tunggu difabel, serta kursi prioritas di dalam kereta api.
Daop 6 menyediakan berbagai fasilitas inklusif bagi penyandang disabilitas, di antaranya 7 loket khusus, 11 toilet ramah difabel, 50 kursi roda, dan 75 kursi tunggu yang tersebar di 25 stasiun. Kemudian 10 stasiun juga dilengkapi dengan guiding block. Kursi prioritas juga tersedia di dalam kereta (minimal 4 buah pada KA antar kota pada satu kereta) untuk memastikan kenyamanan dan aksesibilitas mereka selama perjalanan.
Bagi penyandang disabilitas yang akan menggunakan layanan transportasi kereta api antarkota, Daop 6 Yogyakarta memberikan potongan (reduksi) 20 persen untuk harga tiket kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.
Editor : AW Wibowo
Artikel Terkait