Disdukcapil Kulonprogo Hasilkan 13 Inovasi Layanan Kependudukan

Kuntadi
Rapar Kerja Evaluasi Layanan Kerja Dinas Dukcapil Kulonprogo melibakan sejumlah tokoh agama dan masyarakat (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kulonprogo terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Setidaknya sudah ada 13 inovasi yang dihasilkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan. 

“Kami sudah berhasil membuat 13 inovasi layanan kependudukan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kulonprogo, Aspiyah pada Rapat Kerja Evuasi Standar Pelayanan dan Evaluasi Inovasi Pelayanan, Senin (21/10/2024). 

Menurutnya, pelayanan ini untuk menciptakanan pelayanan yang berkualitas yang bisa diakses siapa saja dan kapan saja. Selain itu untuk memudahkan pelayanan yang berkualitas.

“Semua pelayanan ini gratis dan bisa diakses secara online,” ujarnya.

Inovasi layanan ini di antaranya, Bela Aktaku (Begitu Lahir Akta Kudapat) yang dikerjasamakan dengan 14 rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya. Setiap bayi yang lahir akan langsung mendapatkan akta kelahiran.
 
Selain itu juga ada layanan Sedati (Sekali Datang Dapat Tiga) untuk pelaporan kematian. Selain itu juga ada Kacar Kucur (Perkawinan Lancar Dokumen Meluncur). Setiap pasangan pengantin akan mendapatkan kartu keluarga, KTP elektronik dan akta perkawinan.

Inovasi lainnya beriupa Sidutaku (Sistem Informasi Data Kependudukan Berbasis Peta Kulonprogo). Sistem ini menyajikan data kepala keluarga, agama, status perkawinan dan beberapa informasi lainnya. Selain itu juga ada LakonKu (Layanan Administrasi Kependudukan Online Kulonprogo), berupa akta kelahiran, kematian, KTP rusak maupun KIA dan pindah alamat.

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network