SOLO, iNewsSleman.id - GoFood merilis tren makanan dan minuman terpopuler sepanjang tahun 2024. Selain itu juga diungkap mengenai prediksi menu yang diminati di 2025 berdasarkan pola perilaku pelanggan.
“Kami mempersembahkan laporan ‘Tren Surga Makanan GoFood’ untuk memberikan inspirasi bagi para pelanggan untuk menjelajah kuliner. Lebih dari itu, laporan ini juga menjadi acuan dan inspirasi bagi para mitra usaha untuk semakin mengenal selera pasar dan mengembangkan bisnisnya. Misalnya, untuk berinovasi dalam membuat menu atau paket makanan, hingga mempelajari perilaku pelanggan untuk membuat strategi iklan di GoFood," kata Head of Corporate Affairs Gojek Central West Java, Guntur Arbiansyah, Kamis (20/2/2025).
Dari laporan Tren Surga Makanan GoFood, terdapat beberapa temuan menarik. Menu dengan lauk mengenyangkan jadi juara bertahan. Ini diwakili oleh nasi ayam yang konsisten menduduki puncak klasemen menu terlaris selama enam tahun berturut-turut.
Sedangkan di kategori GoFood Hemat, olahan mie paling banyak jadi pilihan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa makanan hemat yang menjadi comfort food banyak orang ini tetap jadi juaranya. Selalu jadi andalan saat cuaca panas, jutaan gelas aneka varian teh selalu laris manis diincar pelanggan.
GoFood juga merinci prediksi tiga kuliner yang akan menjadi hits di 2025. Prediksi ini didapat dengan melihat keyword yang paling banyak dicari di GoFood. Salah satu yang paling menarik adalah iced americano, yang diprediksi akan menjadi primadona mengikuti jejak para pendahulunya di dunia kopi, yakni es kopi susu dan es kopi susu gula aren.
Untuk semakin memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan, GoFood juga menawarkan ragam promo dan fitur untuk mendukung pelanggan yang ingin lebih berhemat. Pelanggan bisa hemat hingga Rp1 juta dengan menggunakan promo Mak-Si-Mal, hemat hingga Rp9 juta dengan paket 90 hari Gojek PLUS. Bahkan menikmati makan dengan promo buy 1 get 1, ataupun dengan harga maksimal Rp22 ribu termasuk ongkir tanpa syarat dengan GoFood Hemat.
“Seiring dengan komitmen GoFood untuk terus mengukuhkan posisi sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Indonesia, kami konsisten menghadirkan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekosistem kuliner Indonesia. Kami juga mengajak para pelaku usaha kuliner untuk berinovasi dalam menghadirkan menu yang banyak dicari dan digandrungi pelanggan, sehingga mampu bersaing dan tumbuh bersama GoFood," kata Guntur.
Sementara itu, Putri Habibie, seorang Passionate Homecook dan Food Content Creator juga giat mengeksplorasi tren kuliner guna mengetahui preferensi terkini audiens dalam membuat konten memasak. Pendiri Lady Bake Cooking Class (kini Putri Habibie Cooking Class) tersebut juga merilis buku digital “Kumpulan Resep: #TeamRecook” yang mendorong lahirnya UMKM kuliner dengan resep buku tersebut.
“Pilihan kuliner masyarakat tidak lagi dipengaruhi oleh selera rasa saja. Gaya hidup dan keseharian masyarakat masa kini juga menjadi faktor penting dalam terbentuknya tren makanan di Indonesia," kata Putri.
Misalnya, tren hidup sehat mendorong popularitas menu plant-based dan low-calorie. Sementara gaya hidup serba cepat di perkotaan meningkatkan permintaan terhadap makanan praktis dan siap saji.
"Suguhan laporan Tren Surga Makanan GoFood, memberikan wawasan berharga bagi kami yang bergerak di industri kuliner untuk lebih adaptif dan inovatif dalam menghadirkan menu yang sesuai dengan preferensi terkini masyarakat,” ucapnya.
Editor : AW Wibowo
Artikel Terkait