Tradisi Nyate Bareng Saat Idul Adha di Jogja

Bayu Arsita Mandreana
Tradisi Nyate Bareng di Kalangan Warga Sleman Saat Hari Raya Idul Adha. (Foto: iNewsSleman.id)

SLEMAN, iNewsSleman.id - Selepas dari perayaan Idul Adha dan salat ied, masyarakat Indonesia mayoritas melakukan bakar sate untuk memasak daging hasil kurban yang didapat.

Namun, darimana tradisi nyate ini dimulai?

Dalam tradisi kaum Muslimin di Indonesia, Idul Adha menjadi hari yang istimewa. Sebab pada hari itu daging kurban melimpah dan dibagikan kepada banyak orang. Banyaknya daging inilah yang dimanfaatkan dengan membakar sate.

Dilansir dari berbagai sumber, tradisi tersebut sudah belangsung sejak abad ke-19. Kala itu sate diperkenalkan dari pendatang Arab atau Muslim Tamil dan Gujarat dari India. Kemudian dikembangkan di Tanah Jawa dan disebarluaskan ke seluruh Nusantara.

Tradisi nyate dalam momen perayaan Idul Adha dijadikan ajang silaturahmi dengan teman-teman, saudara, hingga keluarga. Ini untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu tokoh masyarakat yang bisa disebut sebagai sesepuh di Dusun Nayan Maguwoharjo, Yogyakarta, Rudi menyatakan bahwa tradisi nyate sudah menjadi hal yang biasa, bahkan menjadi hari-hari yang ditunggu masyarakat.

Di tempat ia, biasanya ada pos atau gardu yang dihuni anak-anak muda untuk menjaga keamanan. Nah, biasanya warga memberikan daging hasil kurban kepada para pemuda itu untuk dijadikan sate.

"Kalau tradisi nyate bareng memang sudah ditradisikan sebagai rasa kebersamaan antarwarga," ujar Rudi.

"Kalau disini enaknya nyate bareng-bareng, makan bareng-bareng, kumpul sama teman-teman juga. Asyik sih pokoknya," tambahnya.

Ia mengatakan, makna nyate saat Idul Adha untuk menjalin kebersamaan. Ada yang berkumpul di halaman rumah atau di sebuah lahan untuk membakar sate.

Namun yang pasti, mereka bahu-membahu membuat sate paling lezat. Ada yang meracik bumbu, ada juga yang mengiris daging dan menusuknya menjadi sate. Ini yang menimbulkan kekompakan antar warga.

Editor : Bayu Arsita

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network