Universitas Ahmad Dahlan Lepas 27 Mahasiswa Ikuti Program Belajar ke Luar Negeri

Bayu Arsita Mandreana
Universitas Ahmad Dahlan atau UAD Lepas 27 Mahasiswa untuk Study ke Berbagai Negara di Luar Negeri, Kamis (24/8/2023) lalu. (Foto: Ist).

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Universitas Ahmad Dahlan atau UAD secara resmi melepas 27 mahasiswa untuk studi ke luar negeri, Kamis (24/8/2023) lalu. Diantaranya lima belas mahasiswa dalam program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), lima belas mahasiswa dalam program Mobility for Students (AIMS), dan tujuh mahasiswa mengikuti program kerja sama U to U.

Program IISMA adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa untuk belajar di universitas ternama di luar negeri.

Program ini merupakan salah satu flagship dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  yang bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Selain itu, terdapat juga IISMA co-funding bagian dari IISMA dengan skema pendanaan parsial antara pemerintah dan mahasiswa untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi mahasiswa yang belum terjaring program IISMA Reguler.

Dalam program ini, mahasiswa yang terlibat adalah Fatya Sastaviyana Anasya, Prodi Psikologi, kuliah selama satu semester di Glasgow University, Inggris.

Selain itu, empat mahasiswa peraih beasiswa IISMA co-funding yakni Agam Ringga Wiriyatama, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Irfan Mahindra Yunanto Putra, Prodi Sastra Inggris akan belajar di Warsaw University, Polandia. Sementara Abelya Firdana Putri, Prodi Sastra Inggris, akan belajar di Universiti Sains Malaysia, dan Aulia Salsabila, Prodi Sastra Inggris, akan belajar di Universiti Malaya.

Sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa peraih beasiswa program IISMA, UAD memberikan bebas SPP 1 semester, bantuan biaya hidup dan akomodasi sebesar 1.500.000 rupiah per bulan, biaya mengurus visa, biaya asuransi kesehatan, biaya medical check up untuk keperluan visa, dan penggantian biaya tes Bahasa Inggris Duo lingo.

Sejak program ini dimulai, mahasiswa UAD terus meraih beasiswa. Pada tahun 2021, empat mahasiswa UAD berhasil meraih beasiswa IISMA, dan pada tahun 2022 lalu dua mahasiswa UAD juga berhasil meraih beasiswa yang sama.

Sementara penerima beasiswa dalam program AIMS adalah Azmi Nur Dyah (Teknik Industri), Terry Casyaria (Teknik Industri), Aditya Oryza Mahendra (Informatika), Haidir Abdillah (Informatika), Citra Yuliana (Teknik Kimia), Tamara Dwi Jayanti (Teknik Kimia), dan Suci Rahmadani (Teknik Industri). Dua mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Novita Aulia Rahmah dan Afriza Rieanza Naqiyya Mufti. Tiga mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Muhammad Shollahudin, Azmi Sani, dan Alsyifsnita RA. Oktaviana. Dan tiga mahasiswa Prodi Sastra Inggris, Abdee Firman Al Rayid, Hanung Falakh Salsabila, dan Nailana Amirah Fahlevi.

AIMS merupakan beasiswa pertukaran mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi konsorsium AIMS. Negara yang masuk dalam AIMS di antaranya Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, Kamboja, Jepang dan Republik Korea.

Editor : Bayu Arsita

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network