Survei CSIS Periode Desember 2023, Prabowo-Gibran Unggul 43,7 Persen

AW Wibowo
Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Instagram.

JAKARTA, iNewsSleman.id - Lembaga pengkajian strategis dan lembaga swadaya masyarakat Centre For Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei Pemilihan Presiden (Pilpres) periode Desember 2023. Hasilnya menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul atas dua pasangan lainnya.

Direktur Eksekutif CSIS Dr Yose Rizal Damuri mengatakan, hasil diketahui dari survei periode Desember 2023 paska debat calon presiden (Capres) digelar. Prabowo Subianto menempati posisi teratas sebagai capres paling populer dengan angka 97,2 persen. Sedangkan capres dengan popularitas terendah disematkan kepada Ganjar Pranowo dengan angka 91,1 persen.

Dikatakannya, survei juga merekam alasan masyarakat memilih calon presiden dengan pertimbangan jujur atau tidak korupsi, merakyat, dan tegas atau berwibawa.

“Mayoritas pemilih menginginkan capres berlatar belakang militer yang dinilai mampu bersikap tegas,” kata Yose Rizal Damuri melalui keterangan tertulis, Kamis (28/12/2023).

Tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran pasca debat capres, dari hasil survei ini mendapat dukungan 43,7 persen dari seluruh provinsi di Indonesia. Disusul Anies-Muhaimin 26,1 persen, dan Ganjar-Mahfud 19,4 persen.

Sedangkan penilaian publik terhadap debat cawapres menempatkan Gibran dan Mahfud MD yang sukses dan menguasai materi.  Sementara tingkat elektabilitas berdasarkan zona, Prabowo-Gibran unggul di Sumatera (36,5 persen), Jakarta & Banten (35,2 persen), Jawa Barat (50,9 persen), Jawa Timur (52 persen), Bali & Nusra (45,7 persen), Kalimantan (41,3 persen), Sulawesi & Gorontalo (50 persen), serta Maluku Papua (57,5 persen).

Namun demikian pasangan ini kalah di Jawa Tengah dan Yogyakarta (36,5 persen). Sedangkan Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah & Yogyakarta (43,5 persen). Pasangan Anies-Imin hanya unggul di Jakarta & Banten dengan persentase sama dengan Prabowo-Gibran (35.2 persen).

Editor : AW Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network