Pemkab Sleman Evaluasi Program Perencanaan dan Penganggaran, Ini Fokusnya

Kuntadi
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima hasil evaluasi dari Deputi Kepala BKPP Iwan Taufiq Purwanto. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Pemerintah Kabupaten SLeman akan mengintensifkan komunikasi, koordinasi dan sinergi dalam penyusunan program pembangunan. Ada lima sektor yang akan menjadi fokus pembangunan, hasil evaluasi program penganggaran 2023. 

"Melalui forum ini saya berharap Pemkab Sleman dan BPKP dapat mengintensifkan komunikasi, koordinasi dan sinergi, sehingga program dan kegiatan pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh Pemkab Sleman mampu menjawab permasalahan dan isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Sleman serta mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat Sleman," kata Kustini pada Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Kabupaten Sleman Tahun 2023  yang dihadiri Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah, Polhukam dan PMK, Iwan Taufiq Purwanto di Aula Lantai 3 Sekda Sleman, Senin (15/1/2024). 

Menurutnya, BPKP telah melakukan evaluasi terhadap dokumen perencanaan dan penganggaran Kabupaten Sleman tahun 2023 terhadap lima sektor yakni pengentasan kemiskinan, penanganan stunting, pemberdayaan UMKM, daya saing pariwisata dan ketahanan pangan. 

"Hasil evaluasi tersebut yang selanjutnya akan menjadi bahan perbaikan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan Pembangunan di Kabupaten Sleman," ujar Kustini.  

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah, Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto nengatakan  evaluasi tersebut dilakukan dua tahap yaitu tahap pertama sektor pariwisata, sektor ketahanan pangan, dan sektor UMKM. Sementara tahap kedua, sektor pengentasan kemiskinan dan sektor penurunan stunting. 

"Sektor yang dievaluasi merupakan sektor yang menjadi konsen Pemerintah Pusat sesuai arahan Presiden dalam Rakornas dan evaluasi ini dilakukan di semua daerah," katanya. 

Evaluasi ini bertujuan untuk membantu pencapaian sasaran pembangunan nasional dan daerah. Selain itu untuk memastikan program, kegiatan, dan anggaran dirancang secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.  

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network