Pakar Peternakan UGM Bagikan Tips Memilih Hewan Kurban

Kuntadi
Pakar peternakan UGm Parjono membagikan tips memilih hewan kurban agar syarat kurban terpenuhi. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha banyak umat muslim yang berburu hewan kurban. Mereka mencari sapi, kambing ataupun domba. 

Hewan yang dijadikan kurban harus memenuhi syarat Utama, di antaranya tidak cacat. Selain itu juga harus sehat dan gemuk. Berikut ini tips memilih hewan kurban

Dosen Fakultas Peternakan UGM, Panjono,  mengatakan sapi yang sehat bisa dilihat dari penampilan fisik maupun tingkah lakunya. Penampilan fisik sapi kurban yang sehat antara lain, moncongnya segar, bersih, tidak berbuih, tidak berbau, dan tidak terlihat adanya luka. 

Sedangkan pada tracak kakinya menyerupai tempurung kelapa tertelungkup (mbathok dalam Bahasa Jawa), matanya bersih, bersinar, tidak merah (belekan dalam Bahasa Jawa), dan tidak ada kotoran (blobok dalam Bahasa Jawa); serta pantat maupun anus juga bersih, tidak ada tanda-tanda mencret.

“Kalau sapi mencret jelas itu tanda-tanda sakit,” kata Panjono, Kamis (16/5/2024).
 
Sapi yang sehat, tingkah lakunya cukup aktif dan tidak lesu. Selain itu, nafsu makannya bagus dan menunjukkan aktivitas memamah biak (nggayemi dalam Bahasa Jawa).

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network