Corpora Science, Membuka Pintu Riset Multi-Omics di Indonesia

Vitrianda Hilba Siregar
Grand Launching Corpora Science Research Laboratory di University Club UGM Yogyakarta (31/7). Foto: Ist

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Era Revolusi Industri 5.0 telah membawa  ke era big data. Dalam bidang biologi dan kimia, khususnya bioinformatika, data besar ini membuka peluang besar untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang makhluk hidup.

Salah satu cabang ilmu yang sangat menarik adalah metabolomik, yaitu studi komprehensif tentang semua metabolit dalam suatu organisme. Metabolomik memiliki potensi besar dalam menemukan biomarker baru untuk berbagai penyakit, keamanan pangan, dan interaksi lingkungan.

Corpora Science hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan fasilitas riset kelas dunia di Indonesia. Berlokasi di Yogyakarta, laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan mutakhir, terutama Liquid Chromatography-High Resolution Mass Spectrometry (LC-HRMS) tipe Orbitrap Exploris 240.

Alat ini memungkinkan analisis yang sangat sensitif dan akurat dari berbagai molekul kecil dalam sampel biologis. Dengan adanya Corpora Science, peneliti Indonesia kini memiliki akses yang lebih mudah terhadap teknologi canggih yang sebelumnya hanya tersedia di negara maju.

Dalam sambutannya Hendy Dwi Warmiko pada Grand Launching Corpora Science Research Laboratory di University Club UGM Yogyakarta (31/7) menekankan pentingnya fasilitas ini dalam mendorong penelitian di bidang omics seperti proteomik, metabolomik, dan lipidomik. "Corpora Science hadir sebagai solusi agar peneliti Indonesia dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam dan inovatif," ujar Hendy.

Hendy Dwi Warmiko menekankan teknologi ‘omics’ pada umumnya masih didominasi oleh negara-negara maju dan peneliti-peneliti di Indonesia masih kesulitan untuk akses alat Spektrometri Massa Beresolusi Tinggi tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network