Cegah dari Kepunahan, 18 Anggrek Merapi Dilestarikan

galih wisma
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Presiden Direktur PT Akashi Wahana Indonesia Noboru Matsumoto menggunting pita untuk meresmikan Green House Anggrek Merapi di Tunggularum, Turi, Kamis (5/9/2024). (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Kelompok Tani Anggrek Sekar Arum di Tunggularum Kalurahan Wonokerto, Kapanewon Turi, Sleman berupaya melestarikan belasan anggrek endemik khas Merapi. Upaya konservasi ini dilakukan agar anggrek tidak punah dan bisa dinikmati generasi mendatang.  

Upaya pelestarian ini mendapat dukungan dari PT Akashi Wagana Indonesia (AWI) dan PT GS Battery yang mengucurkan program corporate social responsibility (CSR) dengan membuat unit green house. 
 
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, pelestarian flora endemik seperti anggrek merupakan upaya penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi yang berperan dalam perlindungan dan pengelolaan flora dan fauna di kawasan Merapi. 

“Inisiatif ini tidak hanya menjaga alam, tetapi juga melibatkan masyarakat setempat dalam proses ini," kata Kustini saat meresmikan green house Anggrek Merapi, Kamis (5/9/2024). 

Kustini mengatakan, upaya pelestarian anggrek langka Merapi menjadi momentum untuk menjaga warisan kekayaan alam yang tidak ternilai. Kegiatan ini juga dapat mengedukasi masyarakat untuk mengenal lebih jauh jenis anggrek langka endemik Merapi dan turut aktif melestarikannya.

“Konservasi anggrek ikon Merapi perlu dilakukan secara optimal dibarengi upaya peningkatan budidaya dan pengembangannya. Melalui program CSR ini, kami harap pelestarian anggrek langka ikon Merapi ini dapat meningkatkan populasi anggrek sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat dalam melestarikan keanekaragaman hayati lereng Merapi,” kata Kustini.

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network