Cegah dari Kepunahan, 18 Anggrek Merapi Dilestarikan

galih wisma
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Presiden Direktur PT Akashi Wahana Indonesia Noboru Matsumoto menggunting pita untuk meresmikan Green House Anggrek Merapi di Tunggularum, Turi, Kamis (5/9/2024). (foto: istimewa)

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Muhammad Wahyudi mengaku senang bisa berkolaborasi dengan PT AWI dan PT GS Battery dalam program ini. Konservasi anggrek memiliki dampak besar pada kelestarian ekosistem lokal. 

“Kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang,” ujarnya. 

Presiden Direktur PT Akashi Wahana Indonesia, Noboru Matsumoto mengatakan, program CSR ini merupakan wujud nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan. Mereka percaya keberlanjutan lingkungan adalah kunci masa depan yang lebih baik. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi ekosistem dan masyarakat Sleman," ujar Noboru Matsumoto.

Perwakilan dari PT GS Battery Yunita Rahayuningsih mengatakan, konservasi ini tidak hanya fokus pada pelestarian anggrek. Namun juga bertujuan untuk   mendidik masyarakat akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati. 

“Kami berharap program ini bisa menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam kegiatan konservasi. Melalui program CSR berkelanjutan, kami berupaya memberikan dampak positif dan membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujarnya. 

Setidaknya ada 18 jenis anggrek Merapi yang dilestraikan, di antaranya vanda tricolor, acriopsis lillifolia, aerides odoratus dan bulbophllum absconditum. Selain itu juga ada coelogyne speciosa, cymbidium bicolor,cymbidium ensifolium, cymbidium lancifolium dan dendrobium mutabile.
 
Jenis lainnya, dendrobium sagitatum, eria retusa, liparis rhombea, pholidota imbricata, appendecula, calanthe triplicate, dendrobium crumenatum, pholidota carnea dan  bulbophllum planvescens  

Editor : Wisnu Aji

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network