Siapkan Lulusan Siap Kerja, SMAN 1 Temon Bekali Siswa Keterampilan Kerja

Kuntadi
Siswa SMAN 1 Temon menjalani pelatihan keterambilan asebagai barista di UPT BLK Kulonprogo, Selasa (1/10/2024). (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Sebanyak 143 siswa SMA Negeri 1 Temon, Kulonprogo menjalani pelatihan keterampilan agar mereka siap bekerja ketika lulus. Program Stesa Berkarya ini dilaksanakan dalam empat tahap menggandeng Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan kerja (UPT BLK) Kulonprogo. 

Kepala SMAN 1 Temon Lestari Asih Partiwi mengatakan, berkaca pada lulusan 2023 lalu hanya sekitar 60 persen siswanya yang melanjutkan kuliah. Sisanya 40 persen bekerja karena keterbatasan ekonomi orang tuanya. 

Atas kondisi ini, sekolah merasa terpanggil untuk memberikan bekal keterampilan terhadap lulusan. Mereka kemudian menggandeng UPT BLK Kulonprogo untuk memberikan pelatihan kepada siswa kelas XII yang akan lulus. 

“Kegiatan ini untuk membekali siswa dengan keterampilan kerja, kewirausahaan agar mereka nantinya siap bekerja,” kata Heny pada pembukaan pelatihan, Selasa (1/10/2024).  

Total peserta pelatihan ada 143 siswa. Mereka akan dibagi dalam empat tahap karena kapasitas ruangan yang ada. Setiap siswa akan menjalani pelatihan selama empat hari. 

“Mereka menjalani pelatihan dengan instruktur dan peralatan dari BLK,” ujarnya. 

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network