Siapkan Lulusan Siap Kerja, SMAN 1 Temon Bekali Siswa Keterampilan Kerja

Kuntadi
Siswa SMAN 1 Temon menjalani pelatihan keterambilan asebagai barista di UPT BLK Kulonprogo, Selasa (1/10/2024). (foto: kuntadi)

Kepala UPT BLK Kulonprogo Adika Galihsitasari mengatakan, ada empat jenis pelatihan yang diberikan, yakni boga (roti), barista, TIK office dan TIK desain grafis. Siswa juga menjalani pelatihan keterampilan dan pengenalan dunia kerja. 

“Sumber dana dari mereka, kami hanya menyiapkan instruktur dan peralatan,” katanya. 

Setiap tahapan, siswa akan menjalani pelatihan selama empat hari. Setiap harinya ada 8 jam pelatihan yang harus diikuti sehingga semuanya akan menjalani 32 jam pelatihan. 

“Jadi ini lebih ke pelatihan dasar. Ketika mereka sudah lulus dan berusia 18 tahun bisa mengikuti pelatihan yang ada di BLK,” katanya. 

Salah satu siswa, Daniel Berliando Cristian mengaku tertarik mengikuti pelatihan barista. Peluang usaha dan lapangan usaha dari barista masih cukup terbuka. 

Selama menjalani pelatihan dia dikenalkan dengan beragam jenis kopi. Selain itu juga diajarkan dan cara menghaluskan biji kopi secara manual maupun dengan peralatan hingga mmebuat latte art. 

“Sekarang banyak coffe shop dan pelaung usahanya masih terbuka. Senang bisa ikut pelatihan barista ini,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network