241 Mahasiswa dari 54 Kampus Terima Beasiswa Sang Surya Lazismu UMY

Kuntadi
Rektor UMY Gunawan BUdiyanto menyerahkan beasiswa Sang Surya dari Lazismu UMY kepada mahassiswa di kampus UMY, Sabtu (5/10/2024). (foto: dok/UMY)

BANTUL, iNewssleman.id - Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyalurkan Beasiswa Sang Surya senilai Rp656,4 juta kepada mahasiswa pada tahun ajaran 2024/2025. Beasiswa ni menjadi bentuk komitmen dan dukungan UMY dalam meningkatkan akses pendidikan guna mendukung ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas. 

Secara simbolis, bantuan ini diserahkan Rektor UMY Gunawan Budiyanto kepada perwakilan mahsiswa dari berbagai jenjang pendidikan baik sarjana, vokasi, profesi maupun magister di Gedung AR. Fachruddin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY, Sabtu (5/10/2024).  

"Beasiswa ini tidak hanya diberikan untuk mahasiswa UMY saja, tetapi juga mahasiswa di luar UMY," kata rektor. 

Beasiswa ini diberikan kepada 241 mahasiswa yang berasal dari 54 perguruan tinggi di Indonesia. Lazismu UMY juga memberikan Beasiswa Sang Surya ini kepada mahasantri (dai dan hafidz) yang berasal dari perguruan tinggi Mahad Ali Bin Abi Thalib.

Menurut rector warga Muhammadiyah memiliki pandangan yang sangat luas terkait agama Islam. Muhammadiyah mencoba membuktikan Islam sebagai sistem keberkahan yang dapat dirasakan oleh setiap elemen masyarakat. Dengan adanya pandangan yang luas ini, Gunawan meyakini akan berdampak kepada berbagai aspek, salah satunya pada bidang pendidikan.   

“Warga Muhammadiyah memandang Islam sebagai rahmatan lil alamin atau luas seluruh alam. Sehingga Lazismu UMY memberikan beasiswa ini tidak hanya untuk UMY saja tetapi secara luas diberikan kepada perguruan-perguruan tinggi lain baik itu negeri maupun swasta tanpa pandang bulu. Tentunya hal tersebut perlu untuk disyukuri,” tutur Gunawan. 

Gunawan juga menekankan bahwa pendidikan adalah nomor satu untuk generasi muda. Memiliki mental dan iman yang kokoh juga menjadi hal yang sangat fundamental baik itu dalam menjalankan pendidikan ataupun kehidupan. Untuk meningkatkan derajat dan kualitas generasi muda adalah melalui pendidikan. 

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network