Ribuan Peserta Ikuti Kemah Santri Muhammadiyah Nasional di Karanganyar, Ini Tujuannya

AW Wibowo
Upacara pembukaan Kemah Santri Muhammadiyah Nasional I yang digelar di Kampung Karet, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Minggu (20/10/2024). Foto: AW Wibowo.

KARANGANYAR, iNewsSleman.id Kemah Santri Muhammadiyah Nasional I yang digelar di Kampung Karet, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar diikuti ribuan peserta. Mereka berasal dari berbagai pesantren Muhammadiyah di Indonesia. 

Kemah dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Kemah yang berlangsung 3 hari mulai 20-22 Oktober 2024, diikuti 1.375 peserta dari 14 provinsi di Indonesia. Para peserta terbanyak dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. 

Para peserta berasal dari pesantren Muhammadiyah yang ada di Indonesia. Mengingat pesantren di setiap daerah berbeda-beda, maka jatah kuota peserta sesuai jumlah pesantren yang ada di provinsi tersebut. 

“Materi yang diberikan antara lain tentang kesantrian, lomba-lomba kesantrian, pidato Bahasa Inggris, membaca kitab, menghafal hadist, menghafal Alquran,” kata Ketua Panitia Kemah Santri Muhammadiyah Nasional, Mujazin di sela-sela pembukaan acara, Minggu (20/10/2024). 

Kegiatan ini diharapkan setiap tahun akan diadakan dengan lokasi dan provinsi yang berbeda. Sesuai tema yang diusung, kegiatan ini untuk merekatkan ukhuwah Islamiyah antar-pesantren Muhammadiyah. 

Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Maskuri M.Ed mengatakan, perkembangan pesantren Muhammadiyah sangat menggembirakan. Sejak Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah dibentuk hasil Muktamar ke-47 di Makassar tahun 2015 lalu, telah direncanakan untuk diselenggarakan Kemah Santri Muhammadiyah Tingkat Nasional yang pertama. Hanya saja, rencana terhalang pandemi Covid-19

Editor : AW Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network