Ribuan Peserta Ikuti Kemah Santri Muhammadiyah Nasional di Karanganyar, Ini Tujuannya

AW Wibowo
Upacara pembukaan Kemah Santri Muhammadiyah Nasional I yang digelar di Kampung Karet, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Minggu (20/10/2024). Foto: AW Wibowo.

Maskuri mengatakan, sekolah madrasah, baik yang dikelola pemerintah atau yayasan, memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat kepanduan yang disebut Hizbul Wathan. Hal ini untuk mempersiapkan kader pemimpin persyarikatan dan kader pemimpin umat di masa mendatang. 

“Kemah Santri Muhammadiyah Tingkat Nasional ini adalah untuk menjalin dan mengokohkan tali persaudaraan antar-sesama calon kader dan pemimpin masa masa yang ada datang,” ucapnya. 

Dikatakannya, penyelenggaraan Kemah Santri Muhammadiyah Tingkat Nasional melibatkan persyarikatan dari tingkat pusat, wilayah, daerah. Selain itu juga melibatkan pemerintah dan pemerintah daerah.  Kemah Santri juga melibatkan Kuartir Pusat Hizbul Wathan, dan tingkat wilayah.

Selama tiga hari dua malam, para santri mengikuti kemah dengan tujuan untuk menguatkan pengamalan nilai-nilai utama yang terkandung dalam janji Hizbul Wathan yang ditanamkan di pesantren Muhammadiyah. 

Santri juga dilatihkan untuk mengokohkan dan mengamalkan 20 nilai budaya pesantren Muhammadiyah, antara lain berjiwa ikhlas, berjiwa jujur, berpikir maju, kreatif, inovatif, disiplin, mandiri, dapat mengembangkan kerja sama, dan berperilaku sederhana, hidup bersih dan sehat, peduli terhadap lingkungan, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berintegritas, malu berbuat melanggar norma-norma agama, dan norma sosial. 

Editor : AW Wibowo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network