YOGYAKARTA, iNewssleman.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengembangkan Netmonk Prime sebagai monitoring jaringan untuk memastikan koneksi yang andal. Produk ini merupakan dashboard monitoring jaringan, web/API dan server dalam satu aplikasi yang bersifat pro-active dan preventif maintenance yang dapat digunakan untuk memantau berbagai kebutuhan.
“Netmonk Prime merupakan produk digital dari Telkom yang bergerak di bidang pemantauan infrastruktur IT, termasuk jaringan, web/API, dan server, sehingga mampu memberikan solusi yang lebih powerful dan mudah digunakan,” kata EVP Digital Business Telkom, Komang Budi Aryasa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/12/2024).
Menurutnya, produk ini bisa membantu perusahaan mengidentifikasi kapan waktu terbaik untuk meningkatkan kapasitas. Hal ini sangat penting dan bisa proaktif menjaga kualitas dan mendeteksi dini berbagai kendala jaringan.
Laporan Netmonk Prime dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melihat pola penggunaan jaringan secara detail, termasuk kapan peak hours dan jam-jam rendah penggunaan berlangsung. Hal ini memungkinkan perusahaan mengatur pemeliharaan jaringan tanpa mengganggu operasional utama. Selain itu bisa mencegah pemborosan dan memastikan sumber daya jaringan digunakan secara efektif dan efisien.
Laporan dari Netmonk Prime juga bisa membantu menentukan kapan saat yang ideal menambah kapasitas jaringan, di tengah meningkatnya pertumbuhan bisnis dan peningkatan kebutuhan kapasitas jaringan. Perusahaan bisa menganalisa kebutuhan penambahan kapasitas yang dapat ini membantu mencegah gangguan operasional akibat overload jaringan.
“Jaringan yang tidak stabil atau lambat dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan. Melalui laporan ini perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah seperti latency atau throughput rendah yang dapat berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan karena adanya peningkatan performa layanan yang signifikan,” ujarnya
Editor : Wisnu Aji