Tingkatkan UMKM Warganya, Kalurahan Condongcatur Gelar Inkubasi Bisnis

Bayu Arsita Mandreana
Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji di Inkubasi Bisnis UMKM Kalurahan Bersama Fakultas Bisnis dan Ekonomi UII Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

SLEMAN, iNewsSleman.id - Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Condongcatur mendorong Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya untuk bisa lebih berkembang, bisa meningkatan perekonomian sektor mikro serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai salah satu bentuk realisasi upaya peningkatan UMKM itu, saat ini ada 12 UMKM di Condongcatur yang telah lolos seleksi dan tengah mengikuti program inkubasi yang diadakan Ruang 412 Busines Inkubator bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Acara itu digelar di Pandeansari Blok 4/12 Padukuhan Gandok, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

“Untuk itu kami adakan program inkubasi UMKM yang berada di wilayah Condongcatur,” ujar Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, Jum’at (3/2/2023).

Menurutnya, program ini merupakan peluang besar, sekaligus tantangan bagi produk UMKM yang ada di wilayah Kalurahan Condongcatur untuk bisa lebih maju dalam produksi dan penjualan, meningkat dalam hal kualitas hasil produksi dan sanggup bersaing di pasaran.

“Program ini merupakan awal untuk pembinaan UMKM agar kedepannya banyak UMKM masyarakat di Condongcatur bisa lebih maju dalam hal kualitas, produksi dan penjualannya," tambahnya.

Ia juga berharap UMKM di Condongcatur bisa lebih maju dan lebih hebat serta menjadi kebanggaan Kapanewon Depok dan Kabupaten Sleman.

Sebagai informasi, ada berbagai macam UMKM dari Kalurahan Condongcatur yang ikut program ini. Ada Aning Cookisku, Geprania, Rizhatho, Larizzy, Batik Rejo, Pempek SS & Naturally Food, Omah Fatma, Dhiafa Jaya Eggroll, Bolen Ny Lien, Bakpia Adiagung, Pizza Dam’s dan Jogjamu.

Program inkubasi ini sudah berlangsung sejak Januari 2023 lalu. Diawali training sertifikasi kelas digital marketing, digital creative dan global entrepreneur. Selain itu, ada 35 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi UII yang nantinya akan membantu pemasaran secara digital dan global.

Ruang 412 sendiri merupakan inkubator bisnis yang memiliki fokus di sektor digital marketing untuk membangun ekosistem digital UMKM.

Sebagai salah satu Programer Manager Ruang 412, Aliva Zein menyatakan jika program inkubasi Ruang 412 berbeda dengan program inkubasi lain pada umumnya.

“Kami selalu mengajarkan hal-hal yang fundamental dalam bisnis secara rinci, dan hal itu jarang diajarkan oleh inkubator bisnis lainnya,” ujar Aliva Zein, Jum'at (3/2/2023).

Menurutnya, Ruang 412 fokus untuk meningkatkan perekonomian UMKM, dan juga memberikan dampak secara nyata untuk peningkatan ketrampilan dan kesejahteraan masyarakat.

Secara jangkauan  yang lebih luas, ia juga berharap, kehadiran Ruang 412 dapat memberikan banyak kontribusi untuk kemajuan industri UMKM di Indonesia.

Editor : Bayu Arsita

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network