Penjualan Buku Premium Anak Menonjak, di Tengah Lesunya Pasar Buku

Erfan Erlin
Salah satu pembicara dalam Marketing Summit 2024 di Yogyakarta. (foto: MPI/Erfan Erlin)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id- Perkembangan era digital memengaruhi pasar buku di tanah air menjadi lesu. Namun kondisi ini tidak berlaku untuk buku-buku premium khususnya untuk anak. 

Direktur Distribusi Group Mizan mandira.id, Rusdi mengakui pasar buku memang mengalami penyusutan seiring dengan perkembangan era digital belakangan ini. Namun digitalisasi yang berjadi saat ini tidak memicu penurunan penjualan buku premium. 

"Kami sudah memiliki target market khusus sehingga tak terpengaruh era digital belakangan ini,” ujarnya saat Marketing Summit di Yogyakarta, Sabtu (3/2/2024). 

Mizan Grup memiliki produk andalan buku-buku tentang anak, pembelajaran untuk anak-anak dan tumbuh kembang anak yang semakin diminati. Hal ini tidak lepas Kesadaran ibu akan pendidikan anak terutama yang masih balita terus meningat tetutama dari ekonomi menengah ke atas kini terus meningkat. 

Sejak dirilis tahun 2010 yang lalu penjualan buku-buku premium khusus anak terus mengalami peningkatan. Setelah sempat turun akibat Covid-19, pada tahun 2021-2022 terjadi booming. 

"Tahun 2023 kemarin tumbuh tapi tipis saja," ujarnya. 

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network