UGM Pecahkan 2 Rekor MURI, Mahasiswa KKN dan Minum Susu Terbanyak

Kuntadi
Perwakilan Museum MURI Ari Andriani menyerahkan dua piagam penghargaan Rekor MURI kepada UGM. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memecahkan dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Universitas yang menerjunkan mahasiswa KKN ke Lokasi wilayah sebanyak 35 Provinsi di seluruh Indonesia dan penghargaan untuk pembagian susu dengan jumlah terbanyak pada 11.150 mahasiswa. 

Penghargaan MURI diserahkan oleh perwakilan MURI, Ari Andriani, kepada Rektor UGM Prof Ova Emilia dan Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof Budi Guntoro dihadapan ribuan mahasiswa KKN di halaman Balairung UGM, Jumat (28/6/2024). 

“Penghargaan ini dianugerahkan dengan bangga kepada UGM dan Fakultas Peternakan,” kata Ari Andriani. 

Rektor UGM, Ova Emilia, mengapresiasi atas pencapaian dua rekor MURI ini. Menurutnya untuk penghargaan kedua rekor minum susu terbanyak ini selaras dengan tema besar program KKN PPM UGM yang mengusung Kedaulatan Pangan dan Pengelolaan Lingkungan untuk Mendukung Tercapainya Perdamaian dan Kemajuan Bangsa.  

“Saya kira KKN PPM sangat berperan penting mewujudkan hal tersebut, sebab ketersediaan pangan menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi pembangunan negeri kita ini,” kata Rektor.
 
Dekan Fakultas Peternakan UGM, Budi Guntoro, mengatakan Fakultas Peternakan UGM berhasil memecahkan rekor MURI pembagian dan minum susu terbanyak. Ada 11.150 mahasiswa yang terdiri atas 7.162 mahasiswa KKN UGM dan 3.988 mahasiswa dari berbagai fakultas di UGM.

“Angka rekor yang tercatat adalah 11.150 mahasiswa sebagai simbol kebersamaan fakultas dan universitas,” kata Dekan Fakultas Peternakan UGM, Budi Guntoro.

Pemecahan rekor MURI ini merupakan bagian dari memperingati Hari Susu Sedunia dalam rangka Lustrum XI Fakultas Peternakan UGM dan Lustrum XV Universitas Gadjah Mada. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya konsumsi susu dan mendorong kebiasaan sehat dalam konsumsi protein hewani terutama susu.

“Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat positif untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya nutrisi, serta mendorong perubahan menuju gaya hidup yang lebih sehat,” katanya.  

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah, mengapresiasi atas capaian ini. Dia berharap pemecahan rekor MURI ini akan menstimulasi dan menginspirasi generasi muda akan pentingnya pemenuhan protein hewani dalam asupan gizi.

“Tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan beberapa negara ASEAN, seperti Malaysia, Thailand dan Singapura. Tidak meratanya keterjangkauan produk susu di masyarakat dikhawatirkan akan berdampak pada kualitas SDM kita,” kata Nasrullah.

Kementerian Pertanian akan melaksanakan pilot project minum susu gratis dari Agustus-Desember 2024 kepada anak-anak SD di Kabupaten Banyumas. Tercatat ada 36 SD yang terdiri dari 31 SD Negeri, 3 SD Swasta dan 2 Madrasah dengan jumlah siswa sekitar 4.874 anak.

“Pilot project ini menjadi salah satu langkah dini untuk mempersiapakan generasi muda Indonesia. Ke depan dapat direplikasi di daerah lain sekaligus menjadi pemicu kebangkitan kembali persusuan Indonesia,” ujar Nasrullah.

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network