LPPM dan LPPMP UNS Canangkan Zona Integritas, Ini Target yang Ingin Diraih

AW Wibowo
LPPM dan LPPMP UNS Solo mengadakan Pencanangan Zona Integritas di kampus setempat, Senin (1/7/2024). Foto: Ist.

Sehingga mendapatkan pemahaman standar yang sesuai ketentuan PermenpanRB. Tujuan utama dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dalam implementasinya adalah dengan senantiasa meningkatkan akuntabilitas kinerja, menyusun kontrak kinerja, dan mengadakan penyuluhan tentang anti gratifikasi, serta penanggulangan korupsi.

UNS sebagai salah satu PTNBH, diberikan kewenangan kemandirian yang lebih luas sebagai bentuk otonomi tertinggi dalam pengelolaan kampus PTN yang ada saat ini. Sehingga memiliki potensi yang rentan terjadinya abuse of power yang bersifat koruptif.

Dampak korupsi pasti akan menghambat bahkan menghalangi untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan tinggi, yaitu melahirkan generasi hebat dalam melanjutkan cita-cita kemerdekaan negara, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan IPTEK yang dihasilkan oleh para dosen sebagai ilmuan di PTN.

“Dengan berbagai bentuk penyimpangan/fraud yang merupakan perilaku koruptif/perbuatan korupsi, saya berharap dalam rangka pelaksanaan pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, seluruh pimpinan di lingkungan UNS agar tetap secara konsisten melakukan upaya perubahan pada 6 fokus area perubahan, yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Dalam pelaksanaan peningkatan upaya perbaikan 6 area perubahan tersebut tentu menghadapi banyak tantangan yang cukup berat. Oleh karena itu, diperlukan juga dukungan dari seluruh pimpinan UNS dan jajaran, sehingga dengan semangat kolaborasi sinergi semua tantangan yang berat tersebut dapat dihadapi lebih mudah. Selain itu dengan berkolaborasi dan sinergi antar pimpinan dan seluruh jajaran akan mendapatkan solusi yang konstruktif atas segala tantangan yang akan dihadapi.

“Saya tekankan, tahapan yang paling penting dalam ZI adalah pembangunan itu sendiri. Pembangunan berarti membangun integritas pada setiap unit melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, masif, komprehensif, dan sistematis. Membangun integritas berarti membangun sistem, membangun manusia, dan membangun budaya. Saya ingin mengingatkan kembali bahwa pembangunan ZI merupakan salah satu strategi yang sangat menentukan keberhasilan seluruh program transformasi pendidikan untuk menghasilkan lulusan UNS yang unggul melalui tata kelola kampus yang akuntabel, transparan, dan berintegritas. Semoga pencanangan ZI di LPPM dan LPPMP UNS ini menjadi tonggak kerja sama seluruh komponen untuk bahu membahu mewujudkan ZI yang sesungguhnya dan untuk meraih status WBK dan WBBM. Universitas dan tim Reformasi Birokrasi UNS berkomitmen untuk  mendampingi untuk mencapai predikat  WBK dan WBBM,” ucapnya.

Editor : AW Wibowo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network