Maruarar Sirait Minta Ekosistem Sepak Bola Indonesia Jangan Sampai Dirusak

AW Wibowo
Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait saat memberikan keterangan pers di Pura Mangkunegaran Solo terkait penyelenggaraan Piala Presiden 2024, Senin (30/7/2024) malam Foto: ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait meminta agar ekosistem sepak bola nasional yang telah baik agar terus dijaga. Sepak bola Indonesia dinilai telah on the track dan jangan sampai dirusak.

“Kita kerja sama dengan TNI/Polri bagaimana diawasi dengan ketat wasit-wasitnya. Kalau mau menang, pilih pelatih yang bagus, manajer yang bagus, pemain yang bagus, buat strategi yang bagus, latihan benar, bukan nyogok wasit,” kata Maruarar Sirait saat jumpa pers penyelenggaraan Semi Final Piala Presiden 2024 di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (29/7/2024) malam.

Dikatakannya, penyelengaraan Piala Presiden tidak pernah memakai uang negara, tidak memakai APBN, dan sponsor BUMN. Hal itu terbukti bisa membangun industri olahraga dengan dukungan swasta 100 persen.

Dikatakannya, rating siaran sepak bola sangat penting. Sponsor akan lari jika ratingnya rendah. Industri sepak bola juga harus mampu menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). UMKM harus tersenyum karena dagangannya laku.

“Saya berharap UMKM di Solo betul-betul merasakan, seperti di Bandung dan di Bali daripada manfaat turnamen,” tuturnya.

Dikatakannya, sepak bola nasional juga harus memiliki misi sosial dan pendidikan. Pihaknya akan mengundang anak-anak yatim piatu dan anak-anak SSB. Mengingat misi rating, dan sponsor telah tercapai, dirinya akan melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nanti saya lapor presiden, ini kelebihannya cukup banyak, mau diapain,” katanya.

Editor : AW Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network