Hadirkan Dosen UPSI Malaysia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta Kembangkan OBE

Kuntadi
Sejumlah dosen dan mahasiswa UPSI Malaysia belajar memainkan gamelan di museum HM Soeharto dalam rangkaian kunjungan di UMBY. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNewssleman.id - Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar International Guest Lecture Program “Outcome Based Education” (OBE), Rabu (21/08/2024). Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Asso Prof Che Gani bin Che Kob.

Internasional guest lecture ini merupakan salah satu bentuk implementasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UMBY dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Kegiatan ini diikuti 50 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa UMBY. 

“Semoga kolaborasi ini mmebawa manfaat khususnya bagi civitas akademika UMBY,” kata Kepala Biro Kerja Sama, Humas dan Keprotokolan, UMBY Widarta. 

Sementara itu, Prof Ghani mengatakan OBE sangat penting untuk mengurangi kesenjangan atau perbedaan antara pendidikan di bangku perkuliahan dengan kebutuhan industri. Mahasiswa dituntut tidak hanya menguasi teori tetapi mampu menguasi praktik. 

“OBE sendiri bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman, sehingga perguruan tinggi perlu melakukan penyesuaian terhadap kurikulum dengan yang terjadi di lapangan,” katanya. 

Mahasiswa, kata dia, juga harus terampil, memiliki kemampuan softskill, hardskill, serta attitude sehingga ketika lulus telah siap bekerja. OBE adalah pola yang terus berlanjut dengan terdiri atas perencanaan, implementasi, pengawasan atau pemantauan, dan proses penilaian atau pengambilan keputusan dan kembali lagi pada tahapan perencanaan dan seterusnya.

Editor : Wisnu Aji

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network