Kunjungi Museum dan Kampung Seni Borobudur, Luhut Pandjaitan: Awal Oktober Diresmikan Jokowi

Puji Hartono
Menko Marvest Luhut B Pandjaitan meninjau museum dan Pasar Seni Borobudur di Kujon, Magelang, kamis (19/9/2024). (foto: Puji Hartono)

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata In Journey, Maya Watono mengatakan, Candi Borobudur memiliki beberapa pilar seperti, pilar konservasi, pilar edukasi, pilar green, dan pilar spiritual.  

“Pak Luhut minta agar pilar konservasi dijaga. Ini yang pertama akan dilakukan karena merupakan sebuah cagar budaya kebanggaan Bangsa Indonesia,” katanya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT TWC, Febrina Intan mengatakan, proses penataan Kawasan Borobudur melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Mulai baik dari masyarakat desa, Pemda, serta Pemprov Jateng. 

“Untuk remasterplan sudah 80 persen. Masih ada waktu untuk pembenahan non struktural, seperti listrik, drainase, papan penunjuk,” katanya.

Selain meninjau Museum dan Kampung Seni Borobudur, Luhut juga mengecek pembangunan proyek strategis nasional (PSN) di Borobudur lainnya, antara lain penataan zona hijau di Taman Wisata Candi Borobudur, pembuatan lapangan pengganti Kujon, serta pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Pasuruhan di Kecamatan Mertoyudan.

Editor : Wisnu Aji

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network